alexametrics

Sopir Mengantuk, Truk Tangki Hantam Truk Hebel di Tol Jakarta-Tangerang

loading...
Sopir Mengantuk, Truk Tangki Hantam Truk Hebel di Tol Jakarta-Tangerang
Kendaraan truk colt diesel bermuatan bata ringan (hebel) yang sedang parkir di bahu jalan Ruas Tol Jakarta-Tangerang, ditabrak kendaraan tangki , Kamis (20/2/2020) dini hari. Foto: Dok Jasa Marga
A+ A-
JAKARTA - Kendaraan truk colt diesel bermuatan bata ringan (hebel) yang sedang parkir di bahu jalan Ruas Tol Jakarta-Tangerang KM 06+600 arah Jakarta, secara tiba-tiba ditabrak oleh kendaraan tangki dengan nopol B 9984 WV yang membawa cairan kimia (caustic soda liquid) produksi PT Asahimas Chemical, Kamis (20/2/2020) dini hari.

Tabrakan itu mengakibatkan kedua kendaraan tersebut masuk Right of Way (ROW) jalan tol dan muatan truk kontainer yang berupa hebel tersebut tumpah ke bahu luar dan lajur 1.

Marketing & Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti, membeberkan, penyebab kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan ini dikarenakan pengemudi kendaraan tangki atas nama Antoni (26) mengantuk, sehingga kehilangan kendali dan oleng ke kiri, kemudian menabrak kendaraan colt diesel bermuatan hebel.



Atas kejadian itu, petugas PT Jasa Marga segera melakukan evakuasi kendaraan dengan 1 unit rescue truck berkapasitas 50 ton dan pembersihan tumpahan hebel, serta melakukan pengaturan lalu lintas di lokasi kejadian selama proses evakuasi berlangsung.

Tidak ada korban dalam kecelakaan tersebut. Saat ini kendaraan truk tangki sudah diamankan, dan lalu lintas 4 lajur kembali normal. (Baca juga: Dua Truk Terlibat Kecelakaan, Tol Tangerang-Jakarta Padat)

Sementara, Jasamarga Metropolitan Tollroad Division Head, Reza Febriano, mengatakan, data tahun 2019, terdapat 124 kejadian kecelakaan akibat kelalaian pengemudi di ruas tol Jakarta-Tangerang.

"Kecelakaan akibat kelalaian pengemudi ini mencapai 94% pada tahun 2019. Ini sangat membahayakan sekali baik bagi pengemudi tersebut maupun bagi pengguna jalan lainnya, serta merugikan. Merugikan bagi pengguna jalan lainnya karena berdampak pada kepadatan panjang," tegasnya.

Untuk itu, Reza menegaskan agar para pengusaha kendaraan logistik memastikan kendaraan dan pengemudi dalam keadaan prima serta laik jalan sebelum melakukan perjalanannya. Jasa Marga juga mengimbau agar pengemudi beristirahat di rest area jika memang sudah lelah/mengantuk.

Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan mengimbau pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan mentaati rambu-rambu, serta memantau kondisi lalu lintas perjalanan. Informasi lalu lintas di seputar tol milik Jasa Marga dapat di akses melalui Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak