Perawatan Wesel di Stasiun Jakarta Kota, Transjakarta Tambah Layanan

Rabu, 12 Februari 2020 - 19:01 WIB
Perawatan Wesel di Stasiun Jakarta Kota, Transjakarta Tambah Layanan
Perawatan Wesel di Stasiun Jakarta Kota, Transjakarta Tambah Layanan
A A A
JAKARTA - PT Transjakarta melakukan penambahan rute dan armada untuk mengantarkan pelanggan KRL Commuter Line (KCI) yang ingin bepergian ke dalam kota. Penambahkan ini dilakukan selama rekayasa pola operasi perawatan wesel berlangsung yaitu, 13 hingga 23 Februari 2020 atau 10 hari.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Nadia Diposanjoyo mengatakan, penambahan jumlah armada ini akan diberlakukan pada jam sibuk sehingga headway atau masa tunggu menjangkau frekuensi per 5 menit interval kedatangan.

"Penambahan pola layanan ini disesuaikan dengan pola operasi yang diberlakukan oleh KCI selama perawatan diperlukan. Kami menyiapkan sebanyak 20 armada," kata Nadia lewat keterangan persnya, Rabu (12/2/2020). (Baca: Ada Penggantian Wesel di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota, 45 Perjalanan KA Rekayasa Operasi)

Nadia menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak KCI dan mempelajari rencana rekayasa yang diberlakukan KCI selama masa perawatan, dan untuk tetap dapat mengantarkan pelanggan KCI yang ingin memenuhi keperluan perjalanannya akan dilakukan penjemputan dan lanjutkan sesuai dengan tujuan masing masing penumpang. Adapun pola yang diterapkan oleh Transjakarta adalah dengan menambah jumlah armada pada jam sibuk agar laju perpindahan penumpang dapat terakomodir dengan baik dan tidak mengganggu lalu lintas di sekitar stasiun kereta.

Transjakarta sendiri memiliki sebanyak delapan rute khusus yang melintas di Stasiun Manggarai dan rute lain yang dapat digunakan untuk meneruskan perjalanan, disamping penambahan armada yang bisa dimanfaatkan pelanggan untuk melanjutkan perjalanan.

"Jadi pelanggan KCI tidak perlu khawatir. Transjakarta sudah siapkan rencana operasi antar-jemput pelanggan KCI untuk tetap sampai ke tujuannya dari stasiun stasiun pemberhentian yang telah ditentukan KCI selama masa perawatan berlangsung." ujarnya.

"Bukan hanya layanan rute saja, untuk antisipasi pelanggan KRL kami juga menambah unit armada dari Stasiun Manggarai dan rute perbatasan seperti Bekasi Timur,” sambung Nadia.

Terkait penemambahan armada ini lanjut Nadia, nantinya akan ada sebanyak 20 unit bus lagi yang diturunkan selama pola operasi berlangsung. Semua bus tambahan ini merupakan tipe bus single highdeck berkapasitas 29 orang duduk dan 36 berdiri dan 1 kursi roda guna memudahkan integrasi dengan halte Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta.

"Kami akan menambah bus mulai pukul 06.00-09.00 WIB dan Pukul 17.00- 20.00 WIB selama 10 hari kedepan. Evaluasi akan kami lakukan setiap hari apabila diperlukan pola operasi berbeda tentunya akan kami berlakukan sesuai dengan ritme pelanggan yang ada di setiap stasiun selama masa perawatan berlangsung hingga selesai," ucap Nadia.

Berikut rute-rute yang melintas di Stasiun Manggarai:
1. Layanan 4 rute Pulogadung-Tosari
2. Layanan 4B rute Stasiun Manggarai-Universitas Indonesia.
3. Layanan 4D rute Pulogadung-Patra Kuningan
4. Layanan 4H rute Pulogadung-Ragunan
5. Layanan Layanan 6F rute Ragunan-Stasiun Manggarai
6. Layanan 6M rute Stasiun Manggarai-Blok M
7. Layanan B23 rute Bekasi Timur-Manggarai
8. Layanan M4 rute Pulogadung-Dukuh Atas
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5263 seconds (0.1#10.140)