Puluhan Mahasiswa Demo di KPK Terkait Kasus Jiwasraya dan Asabri

Jum'at, 07 Februari 2020 - 23:43 WIB
Puluhan Mahasiswa Demo di KPK Terkait Kasus Jiwasraya dan Asabri
Puluhan Mahasiswa Demo di KPK Terkait Kasus Jiwasraya dan Asabri
A A A
JAKARTA - Puluhan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bekasi Komisariat Universitas Bhayangkara Jaya melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (7/2/2020). Mereka meminta, agar KPK ikut turun tangan mengusut tuntas kasus dugaan korupsi yang membelit dua BUMN, PT Jiwasraya dan PT Asabri.

"KPK harus turun tangan mengusut tuntas skandal korupsi investasi saham Jiwasraya dan Asabri," kata Koordinator Lapangan Cabang Bekasi Komisariat Universitas Bhayangkara Jaya Muhammad Tohir.

Tohir mengatakan, sesuai Undang-undang (UU) Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi disebutkan KPK harus tegas dalam tugasnya untuk melakukan penyelidikan, peyidikan dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi dan KPK juga seharusnya melakukan tindakan pencegahan tindak pidana korupsi.

Menurut data yang dikaji Pusat Kajian Kebijakan Publik Pemerintah Indonesia (Puskappi) kerugian Asabri mencapai Rp21 triliun, sedangkan hasil audit BPK kerugiannya sekitar Rp16 triliun.

"Karena itulah KPK harus secepatnya melakukan penyelidikan terhadap mega skandal korupsi Jiwasraya dan Asabri sampai ke akar-akarnya. Jangan sampai kerugian negera tersebut semakin besar," ujarnya.

Tohir juga mendesak komisioner KPK memeriksa seluruh jajaran direksi di PT Jiwasraya dan PT Asabri. "Bukan cuma itu, KPK juga harus segera bertindak tegas dan memanggil seluruh kroni-kroni Benny Tjokro dan Heru Hidayat," kata Tohir.

Dalam aksinya itu, para pendemo melakukan aksi bakar ban dan membawa spanduk. Aksi ini juga mendapatkan pengawalan dari pihak kepolisian.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3940 seconds (0.1#10.140)