Diubah Jadi RTH, Potensi Pendapatan Parkir IRTI Monas Rp7 Miliar Akan Hilang

Jum'at, 07 Februari 2020 - 11:07 WIB
Diubah Jadi RTH, Potensi Pendapatan Parkir IRTI Monas Rp7 Miliar Akan Hilang
Diubah Jadi RTH, Potensi Pendapatan Parkir IRTI Monas Rp7 Miliar Akan Hilang
A A A
JAKARTA - Revitalisasi sisi selatan kawasan Monas , Jakarta Pusat akan menghilangkan parkir di area Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI). Dalam konsep sayembara revitalisasi Monas, bahwa pusat kuliner Lenggang Jakarta dan parkir kendaraan IRTI bakal diubah menjadi ruang terbuka hijau (RTH).

Humas Unit Pengelola Perparkiran Dinas Perhubungan DKI Jakarta , Ivan Valentino mengatakan, total pendapatan dari jasa layanan parkir di IRTI mencapai Rp7.768.203.000 pada 2019 lalu. Sementara untuk pendapatan pada Januari 2020 sekitar Rp390 juta.

Menurut Ivan, daya tampung kendaraan di sana mencapai 300 unit mobil, sedangkan sepeda motor mencapai 400 unit pada hari kerja. Sementara penataan parkir pada akhir pekan yakni Sabtu-Minggu, dilakukan dengan meminta bantuan kantor-kantor berada di dekat Kawasan Monas.

Untuk biaya parkir, lanjut Ivan, kendaraan roda empat tarifnya Rp4.000 di jam pertama dan Rp3.000 pada jam berikutnya. Sedangkan sepeda motor Rp2.000 setiap jamnya."Jika area IRTI diubah menjadi RTH, maka potensi pendapatan parkir yang nilainya Rp7 miliar per tahun bisa hilang," kata Ivan saat dihubungi, Jumat (7/2/2020).

Ivan enggan berkomentar perihal revitalisasi Monas yang akan merubah parkir IRTI menjadi kawasan RTH. (Baca: Pedagang Lenggang Jakarta Monas Dipindah Dekat Stasiun Gambir)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menuturkan, revitalisasi yang yang dikerjakan Pemprov sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) No 25/1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka di wilayah DKI Jakarta. Guna memenuhi kebutuhan RTH, Lenggang Jakarta dipindah ke sisi timur atau Stasiun Gambir, sedangkan parkir IRTI dibongkar sehingga masyarakat yang datang ke sana bisa memakai angkutan publik. "Sebagian (pihak) baru menyadari bahwa tempat parkir IRTI, kemudian Lenggang Jakarta itu semua itu akan menjadi tempat yang hijau," ucapnya
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1464 seconds (0.1#10.140)