alexametrics

Kerap Banjir, BPBD DKI Pasang Sirene di Cipinang Melayu

loading...
Kerap Banjir, BPBD DKI Pasang Sirene di Cipinang Melayu
Seorang pelajar berjalan di lokasi banjir Kampung Melayu, Jakarta Timur. Foto/Dok/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memasang sirene peringatan dini banjir di RW 03, Kelurahan Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, Selasa (4/2/2020). Sirene peringatan dini banjir atau Disaster Early Warning System (DEWS) akan mengeluarkan suara sebagai tanda peringatan status siaga 3 kali Sunter.

Camat Cipinang Melayu, Kamal Akatas berharap, dengan pemasangan sirene dapat membantu warga sekitar dalam mengevakuasi barang berharga sebelum musibah banjir melanda.

"Alat ini akan menjadi alarm peringatan bagi masyarakat ketika tinggi air di wilayah Sunter Hulu masuk siaga 3 maka peringatan akan mengeluarkan suara," kata Kamal saat dikonfirmasi, Selasa (4/2/2020).



Kamal menuturkan, sirene peringatan dini banjir akan menjadi kunci dalam menyelamatkan harta benda dan keselamatan warga di Kelurahan Cipinang Melayu yang menjadi daerah rawan banjir.

Karena itu, kata dia, pihaknya meminta agar dapat membunyikan sirene tersebut sebagai alarm peringatan dini musibah banjir. "Hulu kali Sunter tidak ada wilayah Cipinang Melayu, maka itu jika terjadi hujan lokal kami bisa antisipasi dengan cara diberikan kunci manual," ujar Kamal.

Menurutnya, hal tersebut nantinya akan dikoordinasikan kepada BPBD untuk meminta izin menyalakan alat peringatan dini banjir. "Kami akan hubungi dulu call center di 112 untuk melaporkan kondisi di Cipinang Melayu" ucapnya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak