alexametrics

Hadapi Ancaman Banjir Rob, Dinas SDA DKI Perbanyak Pompa

loading...
Hadapi Ancaman Banjir Rob, Dinas SDA DKI Perbanyak Pompa
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memperbanyak pompa dan penguatan tanggul guna menghadapi ancaman banjir rob atau air pasang laut.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Juaini Yusuf mengatakan, sejumlah wilayah Jakarta yang tergenang pasca diguyur hujan pada Minggu (2/2/2020) salah satunya disebabkan oleh air pasang laut. Air kali tidak bisa mengalir dan justru meluap ke jalan.

"Kita antisipasi dengan memanfaatkan pompa mobile. Tanggul laut lagi proses pembangunan semuanya," ujar Juaini saat dihubungi. (Baca juga: Air Pasang Laut Perparah Genangan di Jakarta)



Menurut Juaini, selain menambah tinggi tanggul laut, pihaknya juga akan mengadakan tujuh pompa stasioner pada 2020. Pompa stationer itu akan ditempatkan di Pintu Air Muara Angke, Teluk Gong, Kelapa Gading, dan Jati Pinggir.

Pompa tersebut bertujuan untuk menambah kapasitas pompa stasioner yang sudah ada. Sehingga air kali cepat tersedot ke waduk ketika air pasang laut dan air kali meluap ke jalan.

Namun Juaini belum bisa menyebutkan berapa kapasitas masing-masing ketujuh pompa tersebut. (Baca juga: Hujan Guyur Jakarta, 7 Ruas Jalan di Jakarta Barat Tergenang Air)

"kalau lihat di lapangan, kapasitas pompa yang ada kurang, makanya kita tambah untuk menambah luas basemen area yang kita layani," pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak