alexametrics

Bermodal Obeng, Empat Sekawan Bobol ATM di Koja

loading...
Bermodal Obeng, Empat Sekawan Bobol ATM di Koja
Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Budhi Herdi menyampaikan rilis pembobolan mesin ATM di Mapolsek Koja, Jakarta Utara, Selasa (28/1/2020). Foto: SINDOnews/Yan Yusuf
A+ A-
JAKARTA - Bermodalkan sebuah obeng, empat sekawan berinisial DW, SY, FD, dan DK, membongkar mesin ATM di kawasan Koja, Jakarta Utara. Aksi keempatnya terekam Closed Circuit Television (CCTV) sehingga berhasil diamankan polisi.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto, mengatakan, para tersangka memulai aksinya dengan mencari mesin ATM model lama, exit shutter.

"Jadi ada model ATM yang lama, dengan cara mengeluarkan uang," ucap Budhi, di Mapolsek Koja, Selasa (28/1/2020).



Berbekal obeng, pelaku kemudian mengganjal uang yang keluar saat penarikan. Cara ini kemudian membuat uang dalam mesin ikut keluar.

"Pada saat uang akan keluar, kemudian tersangka mengganjal exit shutter ini dan menarik seluruh uang yang keluar," tutur Budhi.

Seusai beraksi dan merusak mesin ATM, keemptnya mencari lokasi lain untuk kembali menjalankan aksinya.

"Kalau dia sudah merusak atau mengganjal ATM, maka akan termonitor di pihak penyelenggara ATM dan akan ter-record laporan bahwa ATM tersebut rusak dan tidak bisa digunakan,” kata Budhi.

Adapun barang bukti yang disita, seperti dua unit motor, enam unit handphone, satu unit exit shutter ATM, dan satu buah obeng.

Keempat tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman lebih dari 5 tahun penjara.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak