alexametrics

Begini Upaya DKI Atasi Kelangkaan Cabai

loading...
Begini Upaya DKI Atasi Kelangkaan Cabai
Harga cabai di pasaran kian mahal. Foto: SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A+ A-
JAKARTA - Mengatasi kelangkaan cabai dan lonjakan harga sekaligus mempersiapkan permintaan yang tinggi pada Ramadhan dan Idul Fitri 2020, Pemprov DKI Jakarta mempersiapkan strategi matang.

Berbagai langkah dikoordinasikan dengan BUMD antara lain program cabenisasi yaitu penanaman cabai pada lahan-lahan di permukiman, lahan kebun dinas, dan lahan BPP milik Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan DKI. "Kami juga memaksimalkan mesin CAS yang ada di Perumda Pasar Jaya," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan DKI Jakarta Darjamuni, Selasa (21/1/2020).

Selain itu, Perumda Pasar Jaya melakukan kontrak farming dengan Gapoktan di daerah sentra penghasil cabai seperti Blitar, Magelang, Kediri, serta Subang. "Kontrak farming, salah satu upaya untuk memberikan jaminan pemenuhan kebutuhan cabai di Jakarta. Jangka panjang perlu upaya pemasyarakatan konsumsi cabai kering," ujarnya.



Menurut Darjamuni, langkah-langkah di atas adalah solusi mengatasi kelangkaan cabai yang selalu berulang dari tahun ke tahun. "Perumda Pasar Jaya dan para pelaku usaha terus mencari sumber pasokan cabai. Badan Ketahanan Pangan Kementan pun kami libatkan untuk membantu mengamankan cabai di Jakarta," katanya.
(jon)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak