Pemkot Jakut Tetap Antisipasi Banjir Rob

Minggu, 12 Januari 2020 - 15:40 WIB
Pemkot Jakut Tetap Antisipasi Banjir Rob
Pemkot Jakut Tetap Antisipasi Banjir Rob
A A A
JAKARTA - Meski telah melewati peringatan banjir rob, antisipasi tetap dilakukan Pemerintah Kota Jakarta Utara. Dapur umum dan lokasi pengungsian disiapkan bila sewaktu-waktu rob menggenangi kawasan pesisir Jakarta.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, pihaknya juga memantau kesiapan tanggul. Pengecekan dilakukan mulai dari kawasan Penjaringan hingga Cilincing. “Tanggul yang ada masih berdiri kokoh dan aman,” ujarnya, Minggu (12/1/2020).

Menurut dia, sebagian tanggul laut National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) sisi timur Pelabuhan Nizam Zachman, Penjaringan yang jebol pada Selasa (3/12/2019) kini telah diperbaiki Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Lokasi itu sudah dalam penanganan petugas baik dari kontraktor maupun Kementerian PUPR," kata Ali. (Baca:Pesisir Utara Terancam Banjir Rob, Pemprov DKI Kerahkan Pompa dan Petugas)

Mitigasi terhadap ancaman rob di Jakarta Utara meliputi penyiagaan pompa mobile, dapur umum, hingga lokasi pengungsian termasuk petugas yang disiapkan di beberapa titik selama 24 jam. “Kami juga menyiapkan perahu karet, genset, tenda logistik, tempat evakuasi pengungsian di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, upaya perbaikan infrastruktur pengerukan sedimen tali air, perbaikan pintu dan pompa juga terus dikerjakan mengingat pesisir Jakarta kerap terendam akibat air laut pasang.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6535 seconds (0.1#10.140)