Kerja Bakti Serentak Usai Banjir, DLH DKI Kerahkan Kekuatan Penuh

Minggu, 05 Januari 2020 - 21:44 WIB
Kerja Bakti Serentak Usai Banjir, DLH DKI Kerahkan Kekuatan Penuh
Kerja Bakti Serentak Usai Banjir, DLH DKI Kerahkan Kekuatan Penuh
A A A
JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan kekuatan penuh dalam Kerja Bakti Jakarta pasca-banjir . Kerja bakti ini merupakan instruksi langsung Gubernur Anies Baswedan dan digelar secara serentak di 390 RW yang terdampak banjir.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih mengatakan, menindakjuti instruksi Gubernur tersebut, DLH menerjukan lebih dari 800 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 12.000 personel pasukan oranye. Mereka akan bergabung dengan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

"Sedangkan sarana yang diturunkan berupa 1.400 truk sampah, 200 alat berat berbagai jenis, 50 unit road sweeper atau penyapu jalan otomatis, dan 100 pick up lintas. Kami turunkan hampir seluruh kekuatan, baik personel dan sarana untuk membantu korban banjir membersihkan kampung dan rumahnya," ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (5/1/2020).

Menurutnya, truk sampah yang membawa sampah penanganan pasca banjir akan diproritaskan di TPST Bantargebang. Pihaknya pun menyiapkan jalur khusus di TPST sehingga ritasi makin optimal.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyerukan kerja bakti serentak untuk membantu warga yang terdampak banjir. Dia menyerukan ajakan kepada seluruh warga Jakarta untuk ikut turun tangan dengan hadir bersama dalam kerja bakti di wilayah Jakarta yang terdampak banjir.

Apalagi, ada 390 RW dari total 2.742 RW di Ibu Kota yang mengalami banjir. Sebanyak 330 RW dipastikan sudah terbebas dari genangan. (Baca Juga: Kerja Bakti Serentak, Anies Bersihkan Sampah Banjir di Makasar(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6067 seconds (0.1#10.140)