316 Gereja di Jakarta Jadi Skala Prioritas Pengamanan dari Kepolisian

Selasa, 24 Desember 2019 - 16:35 WIB
316 Gereja di Jakarta Jadi Skala Prioritas Pengamanan dari Kepolisian
316 Gereja di Jakarta Jadi Skala Prioritas Pengamanan dari Kepolisian
A A A
JAKARTA - Seribuan gereja di Jakarta bakal mendapat pengamanan dari kepolisian di wilayah hukum Polda Metro Jaya jelang Misa Natal 2019, malam nanti.

"Ada 1.558 gereja yang kita amankan di wilayah hukum Polda Metro Jaya, khususnya Jakarta, tapi ada 316 yang menjadi skala prioritas," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, kepada wartawan, Selasa (24/12/2019).

Menurutnya, gereja yang mendapatkan pengamanan prioritas itu lantaran termasuk kategori gereja besar, sehingga butuh banyak personel pengamanan. Apalagi, gereja besar itu bakal dihadiri banyak jemaat dari masing-masing gereja.

Gereja prioritas itu juga ada beberapa yang terdapat di pemukiman penduduk yang berbeda agama. Lalu bersebelahan dengan tempat peribadatan lain, dan semacamnya.

"Total ada 8.189 personel yang dikerahkan, dari Polri dan TNI, dibantu ormas-ormas, seperti ormas agama dan ormas pemuda," tuturnya.

Sebelum Misa Natal dilakukan, setiap gereja yang ada di Jakarta bakal dilakukan sterilisasi terlebih dahulu. Sterilisasi dilakukan oleh tim gegana ataupun tim penjinak bom, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Begitu juga terkait teknisnya, para pengunjung bakal dilakukan pemeriksaan guna menghindari benda-benda mencurigakan.

"Semua orang yang masuk ke dalam (gereja), tas misalnya, akan dilakukan pengecekan. Tapi itu semua dilakukan panitia dari gereja, TNI-Polri hanya mendampingi saja," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7289 seconds (0.1#10.140)