Marak Anak Kobra, Masyarakat Diminta Tanam Pohon Sereh

Senin, 23 Desember 2019 - 08:34 WIB
Marak Anak Kobra, Masyarakat Diminta Tanam Pohon Sereh
Marak Anak Kobra, Masyarakat Diminta Tanam Pohon Sereh
A A A
Maraknya kemunculan anak ular kobra di sejumlah, termasuk Jakarta membuat warga Ibu Kota harus waspada. Pasalnya, Desembar merupakan waktu menetasnya telur ular berbisa tersebut.

Kepala Pengendalian Operasi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Mulyanto meminta masyarakat tidak panik saat menemukan anakan ular kobra di sekitar pemukiman. Maka itu, dia mengimbau masyarakat untuk melaporkan jika menemukan anak ular kobra tersebut.

"Bagi warga yang menemukan telur atau sudah menetas bisa segera laporkan kepada petugas kami," kata Mulyanto saat dihubungi wartawan, Senin (23/12/2019).

Sebagai langlah antisipasif, kata Mulyanto, warga bisa membersihkan rumah dari barang-barang bekas yang tidak terpakai. Karena biasanya ular kobra mencari tempat yang lembab dan kotor seperti alang-alang, di bawah tumpukan barang bekas serta dekat dengan sarang tikus.

"Warga rajin membersihkan rumah dari bekas barang-barang yang tidak terpakai," tambahnya. (Baca Juga: Berkeliaran di Jalanan, Anak Ular Kobra Bikin Panik Warga Kembangan
Selain itu, masyarakat bisa menaman pohon sereh di rumah untuk menghalau ular kobra untuk masuk ke dalam rumah.

"Jadi sereh itu wangi ya, bisa ditanam bisa juga ditaburkan di rumah. Insya Allah ular tidak berani mendekat," tuturnya.

Jika ular masib nekat, diharapkan warga bisa mengabarkan kepada petugas Gulkarmat. "Silakan laporkan jika melihat ada ular kobra kepada anggota kami," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4690 seconds (0.1#10.140)