Antisipasi Penyebaran Covid-19, Keluarga Novel Baswedan Ikuti Swab Test

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 22:33 WIB
loading...
Antisipasi Penyebaran Covid-19, Keluarga Novel Baswedan Ikuti Swab Test
Tim medis tengah melakukan swab test bagi 10 keluarga penyidik KPK Novel Baswedan. Foto: Yohannes Tobing/SINDOnews
A A A
Dalam upaya mengetahui penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pada keluarga penyidik KPK, Novel Baswedan . Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Kelapa Gading melakukan active case finding (ACF) terhadap keluarga Novel Baswedan.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, dr Diah Anggraeni mengatakan, sebanyak 10 orang dipastikan telah menjalani tes swab. "Penanganan awal kami lakukan tracking keluarga dan orang yang pernah kontak erat dengan pasien," kata Diah kepada wartawan di Jakarta, Jumat (28/8/2020).

Dijelaskan Diah, setelah dilakukan swab. Petugas Puskesmas langsung mengirim sampel tes swab ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi DKI Jakarta. Hasil tes akan diberitahu kepada setiap peserta tes tanpa perantara orang lain. ( )

Untuk langkah selanjutnya, Diah menerangkan bahwa petugas akan terus memantau kesehatan pasien, keluarga dan orang yang pernah kontak erat dengan Novel. "Intinya SOP (Standar Operasional Prosedur) penanganan Covid-19 untuk setiap warga sama. Ke depannya akan kami pantau kesehatannya," ucapnya.

Sementara itu, Camat Kelapa Gading Wawan Harmawan mengungkapkan, pihaknya akan melakukan langkah penanggulangan dengan penyemprotan cairan disinfektan di sekitar kediaman Novel Baswedan, termasuk fasilitas umum masjid yang kerap didatangi warga. ( )

"Penyemprotan disinfektan kami lakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Yang pertama kami semprot yaitu masjid karena merupakan fasilitas umum yang kerap dikunjungi warga," tutupnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)