alexametrics

Ini Daftar Rumah Sakit di Jakarta yang Sediakan Serum Bisa Ular

loading...
Ini Daftar Rumah Sakit di Jakarta yang Sediakan Serum Bisa Ular
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Warga Jakarta dimbau untuk tetap tenang menghadapi fenomena anak kobra memasuki rumah di permukimam penduduk akhir-akhir ini. Jika ada warga yang terkena gigitan ular kobra, lakukan penanganan dan segera larikan ke rumah sakit.

"Kalau dari bidang kesehatan, apabila tergigit ular berbisa, agar minimalisir gerakan, posisikan tempat gigitan lebih rendah dibanding anggota tubuh lain, bersihkan gigitan, hindari dibilas dengan air, tutup dengan kain kering dan bersih," ujar Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Indra Setiawan, kepada SINDOnews, Rabu (18/12/2019). (Baca juga: Teror Anak Ular Cobra, Begini Cara Penanganan Gigitan Ular Berbisa)

Menurut Indra, saat ini sudah banyak rumah sakit di Jakarta yang menyediakan serum anti bisa ular. Setidaknya saat ini terdapat 16 rumah sakit di wilayah Jakarta yang dapat menangani bisa ular kobra.

"Jakarta Pusat ada empat rumah sakit, yaitu di RSUPN Cipto Mangunkusumo, RSPAD Gatot Soebroto, RSUD Tarakan, dan RS Islam Cempaka Putih," imbuhnya. (Baca juga: Anak Ular Kobra juga Muncul di Permukiman Warga Jakarta)



Sedangkan, 12 rumah sakit lainnya tersebar di Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu. (Baca juga: Sepanjang 2019, 53 Orang Meninggal karena Digigit Ular)

"Masing-masing ada di RSPI Sulianti Saroso, Rumah Sakit Indah Kapuk, RSUD Cengkareng, RS Mitra Keluarga Kalideres, RSUP Fatmawati, RSUD Pasar Minggu, RSUD Jati Padang, RS Suyoto, RSUP Persahabatan, RS Haji Jakarta, RSU Adhyaksa, dan RSUD Kepulauan Seribu," pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak