alexametrics

Masuki Musim Hujan, Ini Imbauan Sekda DKI untuk Warga

loading...
Masuki Musim Hujan, Ini Imbauan Sekda DKI untuk Warga
Ilustrasi, tumpukan sampah menumpuk di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan. Foto: dok/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Memasuki musim hujan, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah meminta seluruh masyarakat Jakarta untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai yang ada di lingkungan sekitarnya. Karena sampah yang dibuang ke sungai bisa menghambat aliran air dan membuat luapan bisa menggenangi pemukiman.

"Saya imbau kepada masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya," kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/12/2019).

Dia menuturkan, sampah yang kerap dibuang sembarangan menjadi salah satu persoalan yang memicu terjadinya banjir. Sebab aliran sungai menjadi terhambat dan membuat genangan air tidak surut.



"Sampah tersebut bisa menyumbat saluran air yang berimbas pada naiknya muka air dan meluap hingga ke pemukiman warga," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, petugas pun kerap kali membersihkan sampah yang menghambat aliran sungai dan tak jarang menemukan sampah dengan ukuran besar. Menurut Sarfullah, hal itu dapat berakibat fatal, karena bukan hanya memicu banjir, tapi juga menyulitkan petugas yang bekerja di lapangan.

"Sampah besar yang selama ini menyulitkan kita seperti pohon, perabot yang dibuang dan sering kita jumpai di pintu air Manggarai. Untuk itu jangan pernah buang di sungai," pungkasnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak