alexametrics

Dua Rumah Warga di Matraman Ambles, Diduga Akibat Proyek Saluran Air

loading...
Dua Rumah Warga di Matraman Ambles, Diduga Akibat Proyek Saluran Air
Dua Rumah Warga di Jalan Kayu Manis, RT 004, RW 08, Kelurahan Kayu Manis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur ambles diduga diakibatkan pengerjaan saluran air, Sabtu (14/12/2019). Foto/SINDOnews/Okto Rizki
A+ A-
JAKARTA - Dua Rumah Warga di Jalan Kayu Manis, RT 004, RW 08, Kelurahan Kayu Manis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur ambles diduga diakibatkan pengerjaan saluran air. Peristiwa itu terjadi pada Jumat 13 Desember 2019 malam, sekitar pukul 23.00 WIB.

Berdasarkan pantauan SINDOnews, kerusakan dua rumah tersebut begitu parah. Pemilik rumah Lia dan Seno mengalami kerugian besar. Sebab pondasi kedua rumah tersebut mengalami penurunan muka tanah dan atap rumah pun ikut miring, sehingga tidak bisa ditempati lagi.

Novi (47) salah seorang warga Kayu Manis mengatakan, akibat adanya proyek pengerjaan saluran air, rumah warga mengalami retak-retak. "Iya secara langsung ini ganggu kenyamanan warga, ganggu banget, kasihan yang rumahnya roboh juga harus tidur di luar," kata Novi saat ditemui di lokasi, Jalan Kayu Manis IX, Matraman Jakarta Timur, Sabtu (14/12/2019).



Lebih lanjut dia menuturkan, selain membuat lantai rumah warga retak-retak. Akses jalan pun terganggu, karena rumah warga terhalang lubang akibat saluran air yang memiliki kedalaman satu meter serta lebar yang sama, dan sisa tanah yang tak kunjung diangkut oleh para pekerja.

"Kita buat keluar aja susah mau enggak mau bikin jembatan seadanya, soalnya lubangnya ini tinggi lah, hampir sepinggang orang dewasa," tuturnya.

Novi dan warga sekitar pun mulai resah akibat adanya rumah warga yang roboh. Dia meminta pemerintah dalam hal ini harus segara bertanggung jawab untuk mengganti kerugian dan menyelesaikan proyek saluran air secepatnya.

"Kita juga minta pemerintah buat ganti rugi atas proyek pengerjaan saluran air yang membuat rumah warga retak-retak," ucapnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak