40 Persen Daratan DKI di Bawah Permukaan Laut, Sekda: Kita Siap Hadapi Banjir

Sabtu, 14 Desember 2019 - 16:03 WIB
40 Persen Daratan DKI di Bawah Permukaan Laut, Sekda: Kita Siap Hadapi Banjir
40 Persen Daratan DKI di Bawah Permukaan Laut, Sekda: Kita Siap Hadapi Banjir
A A A
JAKARTA - Memasuki musim hujan, Pemprov DKI mengaku sudah siap menghadapi bencana tahunan seperti banjir. Apalagi tercatat, 40 persen daratan di Jakarta berada di bawa permukaan air laut.

Sekertaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan, 40 persen daratan DKI Jakarta berada di bawah permukaan air laut. Maka itu Pemprov DKI Jakarta sudah mempersiapkan segala kemungkinan akibat datangnya musim hujan di penghujung tahun 2019. (Baca Juga: Banjir Masih PR Besar, DPRD Dukung Anggaran untuk Normalisasi)

"Sudah kita petakan semua kawasan yang berada di bawah permukaan laut seperti Jakarta Utara, sebagian Jakarta Pusat dan sebagian Jakarta Barat," kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (14/12/2019).

Dia menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh aparatur di wilayah baik tingkat Wali Kota, Lurah dan Camat untuk berkolaborasi menanggulangi banjir.

"Aparatur di wilayah saya rasa sudah siap untuk menghadapi musim hujan, mulai dari Lurah, Camat, dan Walikota," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Pemprov DKI Jakarta sendiri telah memetakan kawasan rawan banjir dan wilayah yang kerap dilanda rob seperti kawasan Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

"Sudah kita petakan semua kawasan yang berada di bawah permukaan laut seperti Jakarta Utara, sebagian Jakarta Pusat dan sebagian Jakarta Barat," ujarnya. (Baca Juga: Hadapi Musim Penghujan, Dinas Bina Marga Bentuk Tim Siaga Genangan)

Terakhir dia meminta semua jajaran yang dipersiapkan dalam penanganan banjir untuk segera melakukan deteksi bencana banjir yang kerap menghantui wilayah Ibu Kota.

"Harapannya kita bisa mendeteksi dini kondisi cuaca yang sedang terjadi dan harus terinformasi," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9158 seconds (0.1#10.140)