Kolaborasi DKI-ACT, Program Antar Pangan Gratis Jakarta Careline Resmi Meluncur

Sabtu, 02 Mei 2020 - 12:55 WIB
loading...
Kolaborasi DKI-ACT, Program Antar Pangan Gratis Jakarta Careline Resmi Meluncur
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan program Jakarta Careline di kantor ACT, Menara 165, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (2/5/2020). Foto: SINDOnews/Ari Sandita
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam membuat program Jakarta Careline, program layanan antar pangan gratis untuk warga Jakarta. Program itu resmi diluncurkan di kantor ACT, Menara 165, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"Hari Sabtu (2/5/2020) ini program Jakarta Careline secara resmi dinyatakan diluncurkan. Program ini merupakan satu terobosan penting dan semoga jadi inspirasi di tempat lainnya juga," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di lokasi.

Menurutnya, pandemi Covid-19 tengah dirasakan oleh semua umat manusia di dunia, termasuk di Jakarta. Akibatnya, terjadi penghentian kegiatan, baik ekonomi, sosial, maupun keagamaan. Semua kegiatan yang bersifat interaksi di luar rumah pun berhenti sehingga terjadi kekosongan, khususnya dari sisi perekonomian.

"Saat ini Jakarta sedang menghadapi masalah amat besar karena kegiatan ekonomi turun, sebagain yang merasakan Jakarta sebagai eskalator punya tabungan, sebagian tak punya. Bagi mereka yang punya tabungan dia ambil tabungan buat survive, bagi yang tak punya ditemukan masalah yang amat besar," tuturnya.

Pemprov DKI, kata Anies, tentunya menjalankan tugas dan fungsi sehingga selalu melakukan pemberian bantuan secara berkala pada masyarakat. Hanya saja selalu saja ada yang tetap membutuhkan. Maka itu, saat ACT mempresentasikan program Jakarta Careline, Pemprov DKI memberikan dukungan agar program itu berjalan dengan baik.

"Kami mengapresiasi ACT yang langsung tindak tanggap menciptakan satu sistem, yang mana mereka yang berpunya memberikan pada mereka yang kekurangan. Sistem itu merupakan pendekatan menarik karena bukan lewat negara, tapi lewat antar masyarakat. Ini kegiatan mulia harus didukung, harus dibesarkan, dan semua masyarakat harus ikut mendukung program ini," terangnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina ACT, Ahyudin, mengungkapkan, Jakarta Careline tak hanya memberikan bantuan pada masyarakat Jakarta saja, tapi juga pada masyarakat di Bekasi, Depok, dan sekitarnya. Program itu diharapkan semakin memperkuat agenda pemerintah dalam melayani persoalan sosial ekonomi yang terdampak Covid-19.

"Harapan kami setelah Jakarta Careline kita launching, semoga 10 ribu penerima manfaat tiap harinya bisa kita layani. Semoga ini jadi model layanan sosial yang baik dan semoga program Jakarta Careline bisa jadi program Indonesia Careline, ada Bandung Careline, dan lainnya ke depan," jelasnya.

Dia menambahkan, program tersebut dibuat mengingat Jakarta menanggung dampak yang lebih besar dari daerah manapun akibat pandemi Covid-19. Maka itu, ACT pun hadir dan bakal terus melakukan yang terbaik dalam mempersembahkan bantuan untuk warga, khususnya yang ada di Jakarta.

"Ayo kita bersamai kesulitan ini, semoga ada jutaan jalan kebaikan yang bisa dihamparkan di program ini. Semoga layanan sosial bisa diselenggarakan dengan tepat, cepat, mudah, dan masif diberdayakan," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)