alexametrics

Punya 4 Tower, Samawa DP 0 Rupiah Cilangkap Kaya Fasilitas Penunjang

loading...
Punya 4 Tower, Samawa DP 0 Rupiah Cilangkap Kaya Fasilitas Penunjang
Maket bangunan Samawa DP 0 Rupiah tahap kedua di Nuansa Cilangkap, Jalan Raya Cilangkap, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Foto: SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan ground breaking (peletakan batu pertama) pembangunan Solusi Rumah Warga (Samawa) DP 0 Rupiah tahap kedua di Nuansa Cilangkap, Jalan Raya Cilangkap, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (12/12/2019).

Secara bersamaan dilakukan penanaman secara simbolis 15 pohon khas DKI Jakarta untuk mewujudkan hunian yang ramah lingkungan dan memberikan kenyamanan serta kesejukan bagi para penghuninya.

Pembangunan hunian DP 0 Rupiah ini melibatkan empat BUMD DKI Jakarta, yaitu PD Pembangunan Sarana Jaya, PT Jakarta Propertindo,Perumda Pasar Jaya sebagai pengembang, serta PT Bank DKI sebagai bank pelaksana.



Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoori C Pinontoan mengatakan, Samawa DP 0 Rupiah tahap kedua di Nuansa Cilangkap ini memiliki luas lahan keseluruhan mencapai 2,9 hektare persegi dengan lahan bangunan satu tower (menara) seluas 0,65 hektare. (Baca juga: Ground Breaking, Anies Jamin Samawa DP 0 Rupiah Tahap 2 Layak Huni)

"Nuansa Cilangkap hunian DP 0 Rupiah direncanakan akan dibangun dalam 4 tower (menara), di mana saat ini satu tower sebanyak 850 unit dengan ketinggian 24 lantai dan dua tipe hunian, yaitu tipe studio dan tipe 2 kamar. Diperuntukkan bagi program DP 0 Rupiah dengan nama Menara Samawa Cilangkap," ujar Yoori di lokasi.

Pembangunan Nuansa Cilangkap Hunian DP 0 Rupiah ini sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dengan dilengkapi fasilitas penunjang, antara lain ruang bersama, balai warga, musala, klinik, warung, toko, taman bermain, taman warga, sekolah, parkir kendaraan bermotor, serta halte Transjakarta.

"Pembangunan hunian Nuansa Cilangkap ini tidak hanya memberikan pengaruh dari segi visualisasi pembangunan, namun juga dapat berpengaruh positif terhadap kawasan dari berbagai aspek, seperti perekonomian, pendidikan, kesehatan, sosial, lingkungan, dan keselamatan hunian," sebut Yoori.

Sejalan dengan hal tersebut, pembangunan Nuansa Cilangkap menggunakan sumur resapan dan biopori sebagai metode resapan air yang bertujuan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.

Selain lubang resapan biopori, juga disediakan lahan sebagai taman apotik hidup yang mengedepankan aspek keberlanjutan bagi penghuninya. "Perlu diketahui, visi dan konsep pembangunan Nuansa Cilangkap telah mengacu pada program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) yang mencakup beberapa poin," bebernya.

Adapun poin-poin tersebut, yaitu:
1. No Poverty: membantu mengurangi tingkat kemiskinan.
2. Zero Hunger: Peningkatan gizi dan mengurangi tingkat kelaparan.
3. Good Health And Well-Being: Memberikan tingkat kenyamanan yang berdampak pada hidup sehat.
4. Quality Education: Memfasilitasi dan meningkatkan semangat pendidikan.
6. Clean Water And Sanitation: Meminimalisir pemborosan penggunaan air dalam kawasan.
7. Affordable And Clean Energy: Penghematan dan optimalisasi energi.
8. Decent Work And Economic Growth: Peningkatan perekonomian sekitar.
9. Sustainable Cities And Communities: Menjadi kawasan terpadu percontohan.
10. Climate Action: Ikut berpartisipasi dalam mengurangi dampak perubahan iklim.
11. Life On Land: Menjadikan kawasan hijau dan ramah lingkungan.

Program Samawa DP 0 Rupiah adalah program strategis Pemprov DKI Jakarta sesuai Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2018 tentang Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

Samawa DP 0 Rupiah merupakan sebuah program yang berusaha mewujudkan keadilan sosial, sehingga tak hanya kaum berpunya yang memiliki rumah. Masyarakat berpenghasilan rendah pun bisa mendapatkan tempat tinggal layak huni, nyaman dan terjangkau.

Melalui fasilitas pembiayaan uang muka dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, masyarakat yang berhak bisa mendapatkan hunian dengan langsung mencicil biaya bulanan. Sebelumnya pada tahap pertama, Samawa Rumah DP 0 Rupiah telah dibangun di Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur, di atas lahan seluas 5.686 meter persegi.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak