Soal Marco, Anies: Pekerjaan TGUPP Bidang Pengelolaan Pesisir Sudah Tuntas

Kamis, 12 Desember 2019 - 12:23 WIB
Soal Marco, Anies: Pekerjaan TGUPP Bidang Pengelolaan Pesisir Sudah Tuntas
Soal Marco, Anies: Pekerjaan TGUPP Bidang Pengelolaan Pesisir Sudah Tuntas
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membantah jika Ketua Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Bidang Pengelolaan Pesisir, Marco Kusumawijaya, mundur dari jabatannya. Pengakuan Anies tersebut berbeda dengan Plt Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Suharti yang sebelumnya mengkonfirmasi bahwa Marco mundur dari posisinya per 1 Desember 2019.

"Oh tidak (mundur). Jadi memang khusus untuk tim pesisir mereka telah menuntaskan pekerjaannya, yaitu menyusun rencana pengembangan kawasan pesisir," ujar Anies di Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Mantan Mendikbud itu menjelaskan bahwa tugas Marco dan TGUPP bidang pengelolaan pesisir sebenarnya sudah selesai sejak November 2019, namun hasilnya belum sempat dipresentasikan karena terbentur dengan kesibukan membahas RAPBD 2020.

"Jadi memang tugas dari tim pesisir sudah tuntas, sama seperti dulu. Ingat tim sinkronisasi peraturan? waktu itu sudah selesai peraturan," jelas Anies. (Baca juga: Fokus Bikin Buku, Ketua TGUPP DKI Bidang Pesisir Mengundurkan Diri)

Anies menambahkan bahwa hasil kerja yang telah dibuat Marco dan TGUPP bidang pengelolaan pesisir akan menjadi bahan revisi Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan kawasan pesisir. "Jadi memang produknya sudah jadi," ujarnya.

Selain Marco, anggota TGUPP bidang pengelolaan kawasan pesisir yang tak lagi bertugas adalah Sudirman Saad yang kini bertugas di Batam, sehingga tersisa dua orang.

Anies menjelaskan bahwa dua orang tersisa akan membantu tugasnya di posisi lain, yakni sampah dan lingkungan hidup.

"Pak Khalid kan anggota Dewan Persampahan Nasional, dia akan fokus ke sampah. Kemudian Irvan Pulungan akan fokus ke persoalan lingkungan hidup dan Pergub Nomor 66 terkait pengendalian polusi," tutupnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6935 seconds (0.1#10.140)