Bahagiakan Warga, DKI Jemput Bola Dokumen Akta Lahir dan Beres 1 Jam

Rabu, 11 Desember 2019 - 19:46 WIB
Bahagiakan Warga, DKI Jemput Bola Dokumen Akta Lahir dan Beres 1 Jam
Bahagiakan Warga, DKI Jemput Bola Dokumen Akta Lahir dan Beres 1 Jam
A A A
JAKARTA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta membuka program paket pelayanan pembuatan akta kelahiran sekaligus mendapatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), dokumen Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Identitas Anak (KIA). Program ini dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap kepemilikan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil warga Jakarta.

"Program ini sebagai upaya meningkatkan kinerja layanan Dukcapil di Bulan Layanan Dukcapil yang berlangsung sepanjang bulan Desember 2019," kata Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Dhany Sukma, saat dikonfirmasi, Rabu (11/12/2019).

Pihaknya akan mempercepat proses pelayanan pembuatan akta kelahiran baru dengan paket, dimana keuntungannya adalah langsung mendapatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), dokumen Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Identitas Anak (KIA).

"Kita akan proses jika semua persyaratannya lengkap, paket layanan akta kelahiran, NIK, KK, dan KIA, akan dibuat dalam waktu kurang satu jam," tuturnya.

Selama Desember tahun ini pihaknya telah merampungkan 7.705 permohonan akta kelahiran dalam waktu satu jam atau 96 persen dari 7.936 permohonan. Sedangkan 207 permohonan selesai dalam waktu satu hari atau 2,6 persen dan 24 permohonan akta kelahiran selesai lebih dari satu hari (0,4 persen).

"Jika lebih dari satu hari kerja ternyata dokumen belum jadi, akan ada petugas yang mengantar dokumen langsung ke rumah pemohon," jelasnya.

Untuk menolong warga yang tidak mampu datang ke tempat pelayanan, maka pihaknya pun melakukan jemput bola dengan mendatangi langsung rumah warga.

"Kebutuhan warga sangat tinggi karena itu kita jemput sendiri dengan catatan sudah dipersiapkan. Peningkatan pelayanan ini kami lakukan sebagai upaya mewujudkan Jakarta yang maju kotanya, bahagia warganya, dan tertib administrasi kependudukannya," tandasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8460 seconds (0.1#10.140)