alexametrics

Wujudkan Transportasi Kelas Dunia, Pemprov DKI Gandeng PT KAI

loading...
Wujudkan Transportasi Kelas Dunia, Pemprov DKI Gandeng PT KAI
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT MRT Jakarta (Perseroda) menandatangani Perjanjian Pokok Pembentukan Perusahaan dalam rangka integrasi transportasi Jabodetabek yang digelar di Balai Kota DKI.

Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dan Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo.

Dalam perjanjian ini, Pemprov DKI akan memiliki prioritas untuk mengelolaan moda transportasi di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek). Pemprov DKI juga akan memiliki kontrol pada struktur kepemilikan perusahaan yang akan mengelola moda transportasi tersebut.



Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan bahwa pesan kunci selama dua tahun terakhir ini adalah integrasi transportasi publik. “Impian untuk memiliki publik transportasi kelas dunia, sekelas kota-kota modern terkemuka dunia lainnya, insyaAllah akan segera terwujud," ujar Anies di Balai Kota DKI, Senin (9/12/2019).

Anies Baswedan mengatakan, sarana transportasi publik yang terintegrasi dan efisien adalah kunci untuk bisa bersaing dengan kota lain di dunia. "Ini sejalan dengan rencana Jakarta untuk menjadi pusat ekonomi, bisnis dan inovasi baik di Indonesia maupun di kawasan Asia," urai Anies. (Baca: Kajian Perpanjangan Rute hingga Tangsel Selesai, PT MRT Tunggu Putusan BPTJ)

Setelah penandatanganan perjanjian ini, masih terdapat tahapan pekerjaan yang harus diselesaikan DKI dan KAI hingga pembentukan New Co dapat terwujud.

Sementara itu, Dirut PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, KAI setuju dengan integrasi ini agar pengelolaan transportasi di Jabodetabek lebih maksimal. "Sehingga masyarakat semakin tertarik untuk menggunakan layanan moda transportasi massal,” ujarnya.

Sedangkan Dirut PT MRT Jakarta William Sabandar memandang kerja sama ini sebagai hal yang penting dan strategis bagi perkembangan pengelolaan transportasi Jabodetabek.

William menyampaikan, bahwa peristiwa (penandatanganan Perjanjian) ini adalah tonggak penting dalam pengelolaan transportasi perkotaan di Indonesia. (Baca juga: Kerja Sama dengan MRT, KCIC Ingin Perkeretaapian di Indonesia Maju)

“MRT Jakarta akan segera bekerja bersama KAI untuk mewujudkan perusahaan patungan sesuai dengan tenggat waktu yang disepakati," katanya.

PT MRT, lanjutnya, juga akan mulai menyiapkan rencana taktis dan strategis dalam rangka mewujudkan sistem transportasi umum kota yang terintegrasi dan berbasis pada pembangunan yang berorientasi pada Transit-oriented Development (TOD).
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak