Atasi Banjir, Anies Ingin Pembangunan Waduk di Bogor Segera Tuntas

Minggu, 08 Desember 2019 - 20:50 WIB
Atasi Banjir, Anies Ingin Pembangunan Waduk di Bogor Segera Tuntas
Atasi Banjir, Anies Ingin Pembangunan Waduk di Bogor Segera Tuntas
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dapat segera menyelesaikan pembangunan Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi. Kedua waduk itu digadang-gadang dapat mengurangi volume kiriman air ke Jakarta hingga 30 persen.

"Kita berharap nanti bendungan di Bogor bisa segera tuntas, karena volume air yang datang ke Jakarta dari kawasan dataran tinggi (Bogor) cukup banyak," ujar Anies di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu (8/12/2019).

Anies menuturkan, guna memastikan Jakarta bebas banjir, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemkot Bogor untuk segera menyelesaikan pembangunan bendungan tersebut. (Baca juga: Anies Sebut Dua Waduk di Bogor Bisa Kendalikan Air)

Anies mengatakan, impian Jakarta untuk terbebas dari banjir sudah mulai mendekati kenyataan. Namun, guna mamastikan hal tersebut dapat segera terwujud, diperlukan kerjasama antara semua pemerintah daerah.

"Maka kita berharap bendungan selesai sehingga volume air yang datang ke Jakarta bisa turun," tukasnya. (Baca juga: Bangun 2 Waduk di Bogor, DKI Rogoh Rp1,2 T)

Dari sisi Pemprov DKI, Anies memastikan kesiapan seluruh wilayah di Jakarta dalam menghadapi musim penghujan. Pasalnya, Anies telah memerintahkan seluruh Wali Kota untuk membersihkan saluran air guna memastikan tidak adanya tumpukan sampah yang dapat menyumbat saluran air.

"Seluruh wali kota memimpin inspeksi di semua kawasan guna memastikan bahwa saluran air di kawasan mereka bebas dari sampah," pungkas Anies. (Baca juga: Bantu Antisipasi Banjir di Jakarta, Bogor Akan Bangun Sumur Resapan)
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6668 seconds (0.1#10.140)