alexametrics

Tunggak Uang Sekolah, Siswi Berprestasi di Tangsel Akhirnya Bisa Ikut Ujian

loading...
Tunggak Uang Sekolah, Siswi Berprestasi di Tangsel Akhirnya Bisa Ikut Ujian
Sekolah Taruna Mandiri Pamulang tangsel akhirnya membolehkan dua siswinya mengikuti ujian sekolah. Foto/Hambali
A+ A-
JAKARTA - Kendati belum melunasi uang sekolah, dua siswi SMP Taruna Mandiri, di Jalan Parakan, Benda Baru, Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akhirnya dibolehkan untuk mengikuti ujian mulai hari ini.

Menurut pihak sekolah, keduanya tidak ikut ujian sejak hari pertama karena malu menunggak uang sekolah hingga belasan juta rupiah. Pada Kamis 5 Desember 2019 kemarin, internal sekolah sudah melakukan rapat dan membolehkan keduanya untuk ikut ujian.

Menurut Kepala Sekolah SMP Taruna Mandiri Siti Fariha, saat hari keempat ujian itu, pada Kamis 5 Desember 2019, pihak sekolah sudah melakukan rapat internal dan membahas persoalan anak murid mereka Alicia Nabila Zulkifli dan Aulia Febrina Zulkifli tersebut.



"Kamis pagi saya bersama guru mendatangi ke rumahnya, ingin menyampaikan kabar bahagia. Saya telpon ibunya, tetapi katanya dia sedang tidak berada di rumah," kata Siti, di sekolahnya, kepada Koran SINDO, Jumat (6/12/2019). (Baca: Tunggak Uang Sekolah, Dua Siswi Berprestasi di Tangsel Dilarang Ikut Ujian)

Siti pun kembali ke sekolah. Namun, saat di telepon itu dia telah menyampaikan kepada orangtua Alicia dan Aulia, agar pada Jumat 6 Desember ini datang ke sekolah untuk ujian.

Hari ini, kedua kakak beradik Alicia dan Aulia pun akhirnya bisa ujian. Namun, mereka harus mengikuti ujian susulan, untuk empat hari sebelumnya mereka membolos. Orang tua keduanya diminta lebih bijaksana.
Tunggak Uang Sekolah, Siswi Berprestasi di Tangsel Akhirnya Bisa Ikut Ujian

"Kita tidak pernah melarang, kalau melarang sudah dari awal dulu. Makanya kita panggil orang tuanya, dan coba selesaikan secara kekeluargaan. Dia minta potongan, saya kasih potongan bayar setengah," tambahnya.

Direktur Sekolah Taruna Mandiri Jedi Hepiadi menambahkan, rekam jejak kedua siswa itu cukup bagus. Mereka sekolah di Taruna Mandiri sejak SD dan tak pernah bermasalah.

"Mereka SD di sini dan track recordnya juga bagus. Bahkan ibunya juga aktif di komite sekolah. Makanya walaupun dia punya utang, tetap diberikan kesempatan untuk ujian. Tapi memang orang tuanya yang minta," jelasnya. (Baca juga: Kemenag Desak Polisi Usut Tuntas Gangster Pelajar di Tangsel)

Menurut Jedi, pihak sekolah sudah berusaha mengerti kondisi keuangan kedua siswa itu. Termasuk memberikan diskon tambahan hingga 50% dari total utang yang ditanggung.

Sementara itu, Fauzia Effianty, ibunda Alicia dan Aulia mengatakan, pihaknya tidak mampu membayar tunggakan uang sekolah putri-putrinya itu karena usahanya bangkrut.

"Dari Senin. Jadi dua-duanya enggak ikut ujian. Saya sebagai orang tua juga sangat sedih. Saya tetap akan tanggung jawab melunasi, yang penting anak saya bisa ikut ujian dulu, bisa tetap sekolah," ungkapnya.

Dilanjutkan Fauzia, untuk melunasi utangnya itu, dia siap menjaminkan surat tanah kepada pihak sekolah. Dia berharap, pihak sekolah bisa memberikan kebijaksanaan kepadanya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak