DPRD DKI Dukung Revitalisasi Trotoar Berkonsep Complete Street

Jum'at, 06 Desember 2019 - 12:07 WIB
DPRD DKI Dukung Revitalisasi Trotoar Berkonsep Complete Street
DPRD DKI Dukung Revitalisasi Trotoar Berkonsep Complete Street
A A A
JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakararta mendukung penuh program revitalisasi trotoar yang akan dibangun oleh Dinas Bina Marga pada 2020 mendatang. Rencananya revitalisasi trotoar tersebut akan menghabiskan dana sebesar Rp349 miliar.

"Secara keseluruhan kami mendukung adanya konsep complete street pada pekerjaan trotoar tahun depan," kata Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah kepada wartawan, Jumat (6/12/2019).

Melalui konsep complete street yang mengedepankan kelengkapan fasilitas, dia berharap, revitalisasi trotoar itu mampu memberikan kesan terbaik bagi para pejalan kaki di Jakarta.

"Ini akan memberikan nilai positif bagi kota Jakarta yang benar-benar konsesen dalam penataan kota, sehingga warga bisa merasakan dampak positif tersebut," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Binas Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, konsep trotoar complete street merupakan trotoar yang akan memberikan kenyamanan bagi para pejalan kaki. Kelengkapan fasilitas itu terdiri dari penyediaan jalur penyeberangan, jalur sepeda, area hijau seperti pohon pelindung hingga ubin penunjuk arah bagi penyandang disabilitas.

Adapun revitalisasi trotoar dengan konsep complete street akan dikerjakan sepanjang 95 kilometer dan terbagi di 6 ruas, antara lain di Jalan MT Haryono, Jalan Gatot Subroto, Jalan Rasuna Said, Jalan Cassablanca, Jalan KH Hasyim Ashari dan Jalan Pramuka dengan total anggaran sekitar Rp 349 miliar.

"Complete street itu adalah pembagian ruas jalan secara lengkap dan trotoat dibagi lagi. Ada untuk pejalan kaki, sepeda, main hall utilitas, bangku taman, lampu dan area hijau," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5585 seconds (0.1#10.140)