alexametrics

Manfaatkan Lahan Kosong, Pemkot Jakbar Gencar Bangun Taman Interaktif

loading...
Manfaatkan Lahan Kosong, Pemkot Jakbar Gencar Bangun Taman Interaktif
Sejumlah lahan kosong pinggir jalan raya di Jakarta Barat bakal dibangun taman interaktif.Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.dok
A+ A-
JAKARTA - Sejumlah lahan kosong pinggir jalan raya di Jakarta Barat bakal dibangun taman interaktif. Langkah ini demi memanfaatkan sejumlah lahan yang terbengkalai.

Berbeda dengan RPTRA, konsep pembangunan taman nantinya lebih tematik. Konsep nuansa Betawi dengan banyaknya interaksi untuk anak-anak bakal terbangun di kawasan itu.

"Intinya kita ingin membuat anak-anak senang di sana, supaya mereka menjauhkan dari handphone," ungkap Kasudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Barat, Firdaus Rasyid ketika dihubungi, Selasa (3/12/2019).



Firdaus mengungkapkan, telah memonitoring sejumlah titik, seperti di kawasan Kebon Jeruk dan Slipi, Palmerah menjadi salah satu incaran. Sementara dua lokasi lainnya, seperti di Kembangan dan Tomang telah dibangun terlebih dahulu.

Di kawasan itu, Firdaus mengatakan, pihaknya membangun menggunakan sisa penebangan pohon."Karena tak ada anggaran. Dan menggunakan dana CSR, kami memanfaatkan sebisanya," ungkapnya.

Pantauan di salah satu taman di dekat flyover Jalan Tomang Raya, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Lahan 18.000 m2 telah terbangun taman. Beragam fasilitas seperti rumah pohon, ayunan, ayunan jaring, jembatan, kolam ikan, serta sarang burung terbangun. Spot foto bermunculan di kawasan itu.

Selain itu, taman juga dilengkapi beberapa alat permainan khas Betawi, seperti taplak, gerobak sodor, congklak, pletokan, engrang dan catur. Selain difungsikan sebagai kawasan interaktif, taman yang terbangun di Tomang difungsikan sebagai lahan hijau penyerap banjir, 11 sumur resapan sedang dibangun dan diharapkan selesai 6 Desember 2019 mendatang.

Salah seorang warga Isma (36), mengatakan, pembangunan taman diperlukan di kawasan itu. Sebab dibandingkan RPTRA, taman interaktif jauh lebih menarik dan mengasah kemampuan."Kita lebih suka ini. Selain parkir lebih mudah, di sini juga lebih luas tempatnya," ucap Isma.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak