alexametrics

Kajian Perpanjangan Rute hingga Tangsel Selesai, PT MRT Tunggu Putusan BPTJ

loading...
Kajian Perpanjangan Rute hingga Tangsel Selesai, PT MRT Tunggu Putusan BPTJ
Rangkaian kereta MRT saat melinatas di jalur layang Fatmawati, Jakarta Selatan. Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - PT MRT Jakarta menyatakan mendukung perpanjangan rute Moda Terpadu Raya (MRT) hingga Tangerang Selatan (Tangsel). Kajian sudah selesai dilakukan dan kini tinggal menunggu keputusan.

Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin mengatakan, perpanjangan rute MRT dari Lebak Bulus hingga Tangerang Selatan sudah dikaji sejak awal tahun. Hasil kajian itu sudah diberikan kepada Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Saat ini, pihaknya masih menunggu keputusan BPTJ perihal pelaksanaan pembangunan jalur MRT tersebut. Termasuk dengan skema pembiayaan, apakah Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atau skema pinjaman seperti yang dilakukan di MRT Jakarta Lebak Bulus- Bundaran HI.



"Kami sudah kirimkan kajian perpanjangan rute dari Lebak Bulus ke Tangerang Selatan. Kami tinggal tunggu keputusan BPTJ, karena ini lintas wilayah dan kewenangan ada di BPTJ," ujar Kamal saat dihubungi, Senin (2/12). (Baca juga: Jalur MRT Akan Diperpanjang hingga Tangsel, Rute Memutar seperti Naga)

Sebelumnya, Direktur Prasarana BPTJ Edi Nursalam mengatakan sudah mengusulkan agar jalur MRT Jakarta koridor Selatan-Utara diteruskan hingga Tangerang Selatan. Menurut dia,p erpanjangan rute MRT itu penting karena pergerakan masyarakat di Tangerang Selatan saat ini sangat padat. Pihaknya mengusulkan agar MRT bisa diperpanjang sampai Rawa Buntu.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Tangerang Selatan," tukasnya. (Baca juga: Pengerjaan MRT Fase II Dimulai di Monas, Ditarget Beroperasi 2025)

Berikut urutan rute MRT Jakarta perpanjangan jalur ke Tangerang Selatan yang diusulkan BPTJ:

1. Lebak Bulus
2. Stasiun UMJ
3. Stasiun UIN Syarif Hidayatullah
4. Stasiun Pasar Ciputat
5. Stasiun Pustekkom
6. Stasiun Pondok Cabe
7. Stasiun Pamulang Barat
8. Stasiun Pondok Benda
9. Stasiun Babakan
10. Stasiun Puspitek
11. Stasiun Rawa Buntu
12. Tangerang Kota
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak