Akibat Korsleting, Ruko Dekat Mal Cibinong Square Ludes Terbakar

Rabu, 27 November 2019 - 14:07 WIB
Akibat Korsleting, Ruko Dekat Mal Cibinong Square Ludes Terbakar
Akibat Korsleting, Ruko Dekat Mal Cibinong Square Ludes Terbakar
A A A
BOGOR - Diduga akibat adanya hubungan arus pendek listrik atau korsleting, sebuah rumah toko (ruko) dekat Mal Cibinong Square Jalan Raya Jakarta-Bogor KM 44, Kelurahan Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, hangus terbakar, Rabu (27/11/2019).

Informasi dihimpun menyebutkan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.50 WIB, saat suasana sekitar mal dan jalan raya Jakarta-Bogor belum terlalu ramai.

"Kita belum bisa ketahui penyebab pastinya. Tapi dugaan sementara itu akibat adanya korsleting listrik. Api cepat membesar, karena ruko dan kios tersebut sebagian besar bahan bangunnya terbuat dari kayu serta triplek," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor Ma'mur, Rabu (27/11).

Menurutnya meski tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. "Kita belum tahu siapa pemiliknya dan kerugiannya berapa. Mungkin puluhan juta,"katanya.

Pihaknya mengaku kesulitan memadamkan api selain karena sebagian besar di ruko tersebut banyak material yang mudah terbakar juga karena angin saat itu cukup kencang.

"Sehingga dua unit mobil pemadam kebakaran yang kita turunkan, butuh waktu sekitar 30 menit untuk memadamkan nya, tepatnya sekitar pukul 11.20 WIB, api baru berhasil dipadamkan, saat ini masih pendinginan," jelasnya.

Sebelumnya peristiwa serupa juga terjadi di Kampung Pamoyanan Sari, Kelurahan Pamoyanan, Bogor Selatan, Kota Bogor, Selasa 25 November 2019. Bahkan dalam kebakaran yang melanda satu rumah warga itu membuat Ref (20) satu penyandang autis mengalami luka bakar serius.

Sementara adiknya R (6) hanya mengalami luka ringan karena ketika api menyala, dia langsung lari ke ruangan lainnya. Awalnya korban tengah main bersama adiknya di dalam kamar sekitar pukul 11.30 WIB. Salah satu diantaranya diduga memainkan korek api, sehingga kasur yang ada di dalam kamar tersebut terbakar.

Ketua RT 01/RW 01 Indra menuturkan, saat kejadian kedua orangtuanya sedang tidak berada di lokasi. Di rumah tersebut hanya ada korban Ref dan R.

Namun menurutnya, yang pertama kali terbakar adalah kasur kemudian merembet ke kursi serta seisi kamar, di mana kedua korban ditemukan dalam keadaan terperangkap api di ruangan berbeda.

Semua tidak ada yang mengetahui persis awal kejadian, karena memang keadaan sepi. Entah mereka (anak-anak) itu menyalakan korek atau gimana. Tahunya kamar keadaan terbakar," jelasnya.

Mengetahui asap mengepul dan api menyala dari salah satu kamar rumah milik Rahmat (39) itu warga langsung berhamburan keluar dan memadamkan api dengan alat seadannya.

Dengan cepat, api berhasil dipadamkan sehingga kedua orang penghuni yang terperangkap di dalam rumah tersebut berhasil diselamatkan.

"Ref mengalami luka bakar cukup parah. Kalau R hanya luka ringan. Mungkin ketika api mulai menyala, dia langsung lari ke ruangan lainnya," ujarnya.

Setelah kejadian, korban Ref langsung dilarikan ke RS Hermina Kota Bogor, untuk mendapatkan penanganan medis."Keterangan dari pihak dokter, Ref menderita luka bakar 60 persen," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6414 seconds (0.1#10.140)