5 Kota di Jakarta Zona Merah Covid-19, 116 Kematian dalam 1 Minggu

Kamis, 27 Agustus 2020 - 18:37 WIB
loading...
5 Kota di Jakarta Zona Merah Covid-19, 116 Kematian dalam 1 Minggu
Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan, semua kota di DKI Jakarta masuk dalam zona merah atau risiko tinggi Covid-19.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan, semua kota yang ada di DKI Jakarta masuk dalam zona merah atau risiko tinggi Covid-19 . Satu-satunya wilayah yang tidak masuk zona merah adalah Kabupaten Kepulauan Seribu.

“Dari DKI Jakarta ini seluruh kotanya yaitu Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat masuk zona merah Covid-19,” ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Kantor Presiden, Kamis (27/8/2020).

Wiku mengatakan, dua dari lima kota tersebut yakni, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan yang sebelumnya masuk zona berisiko sedang menjadi berisiko tinggi. Sementara tiga kota lainnya yakni Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara selama empat minggu berada di zona merah.

Wiku menuturkan, kasus di DKI Jakarta menanjak terus. Bahkan pada pekan lalu jumlah kasus kumulatifnya tertinggi.“Sedangkan kematiannya masih naik terus. Sebanyak 116 kematian dalam waktu satu minggu,” katanya. (Baca: Hari Ini Positif Covid-19 di Jakarta Bertambah 820 Kasus)

Kemudian, orang yang dirawat di rumah sakit juga masih banyak atau di fase puncak. Namun begitu tingkat kesembuhannya juga meningkat menjadi 75%. Wiku juga mengapresiasi bahwa pencatatan kasus covid-19 di DKI Jakarta dilakukan dengan baik, termasuk juga tracing dan testingnya.

“Tentunya tugas selanjutnya adalah mengendalikan kasus-kasus covid-19 dengan masyarakat yang lebih disiplin untuk menjalankan protokol kesehatan,” tuturnya. Dia juga mengingatkan untuk sektor-sektor sudah mulai dibuka harus dipastikan menghindari penularan.

Hal ini mengingat klaster penularan di DKI Jakarta terjadi di permukiman, perkantoran, pasar dan juga dari kegiatan-kegiatan ibadah.“Mohon agar ini bisa ditangani dengan baik agar zonasinya bisa berubah lebih baik di minggu-minggu berikutnya,” pungkasnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)