alexametrics

Hari Pertama Tilang Pelanggar, Petugas Dishub DKI Tak Jaga Jalur Sepeda

loading...
Hari Pertama Tilang Pelanggar, Petugas Dishub DKI Tak Jaga Jalur Sepeda
Pengendara motor menerobos jalur sepeda. Foto/Dok/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Walaupun hari ini para pengendara yang menyerobot jalur sepeda bakal dikenakan sanksi denda Rp500.000 dan penjara maksimal 2 bulan. Namun, nyatanya tak ada petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta di jalur-jalur sepeda itu.

Berdasarkan pantauan SINDOnews, jalur sepeda Jalan Pemuda, Rawamangun hingga Tugu Proklamasi tidak ada petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI yang berjaga. Sehingga, masih ada pengendara motor yang menyerobot jalur sepeda tanpa dikenakan sanksi.

Jalur sepeda dari Jalan Pemuda tepatnya di Halte Transjakarta Tugas. Walau sudah dipasang pembatas jalan berupa kerucut lalu lintas dengan tali terbentang namun masih ada pengendara sepeda motor yang masuk.



Bahkan, diduga pegawai Transjakarta memarkirkan sepeda motor dekat halte Tugas yang masuk ke dalam jalur sepeda. Sepanjang Jalan Pemuda, nampak minim sekali pembatasan jalur sepeda dengan jalan utama. Akibatnya moda transportasi lain khususnya sepeda motor dapat dengan mudah masuk. Pengendara sepeda berisiko tertabrak. Apalagi saat kemacetan melanda, sepeda motor terus memenuhi jalur sepeda.

Salah satu pengemudi sepeda bernama Suharto (60), mengaku khawatir dengan kondisi jalur sepeda yang ada karaena masih belum steril. Kendati sudah dibuatkan jalur namun perangkat pendukung seperti pembatas kerucut lalu lintas belum banyak dipasang.

"Senang karena sudah ada jalur sepeda ya. Tapi ngeri, pas enggak ada oren-oren (kerucut lalu lintas) ini motor-motor pada masuk," ujarnya kepada SINDOnews di Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (20/11/2019).

Dia juga merasa tak nyaman saat pengemudi sepeda motor masuk jalur sepeda. Dia mengeluhkan tidak adanya petugas Dishub yang berjaga di lokasi.

"Kadang, para pemotor itu pada ngelaksonin terus di belakang kita. Dia enggak sabaran. Mana petugas Dishub juga enggak ada tuh yang patroli. Dulu katanya mau patroli tiga jam sekali," keluhnya.

Diketahui, Pemprov DKI telah membuat jalur sepeda sepanjang 63 kilometer pada tahun ini. Penanda jalur dan pembatas jalan pun sudah dipasang. (Baca juga: Hari Ini Penerobos Jalur Sepeda Bakal Diganjar 2 Sanksi)

Sosialisasi mengenai jalur sepeda ini juga sudah dilakukan pada 20 Oktober sampai 19 November 2019. Dishub DKI juga disebut-sebut bakal berpatroli setiap tiga jam untuk memastikan jalur sepeda steril.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak