alexametrics

Anggota DPD Sampaikan Kelangkaan Blangko e-KTP di Jakarta ke Mendagri

loading...
Anggota DPD Sampaikan Kelangkaan Blangko e-KTP di Jakarta ke Mendagri
Anggota DPD RI asal DKI Jakarta Sylviana Murni bersama suami Gede Sarjana di Duren Sawit, Jakarta Timur. Foto/Dok/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Anggota DPD RI Sylviana Murni prihatin terhadap kurangnya pasokan blangko e-KTP bagi Warga DKI Jakarta. Menyikapi hal itu, Sylvi meminta secara langsung kepada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk menjamin ketersediaan blangko e-KTP di wilayah DKI Jakarta.

"Seusai rapat di Komite 1 bersama Mendagri, saya bicara langsung dengan beliau untuk menyampaikan aspirasi dari warga Jakarta terkait blangko e-KTP ini," kata Sylviana saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (20/11/2019).

Menurut Sylvi, Mendagri berjanji akan memenuhi aspirasi masyarakat Jakarta terkait pasokan blangko e-KTP yang mulai langkah di wilayah DKI Jakarta.
Anggota DPD Sampaikan Kelangkaan Blangko e-KTP di Jakarta ke Mendagri
"Jadi dalam waktu dekat terkait kurangnya blangko e-KTP di DKI Jakarta bisa segera teratasi," ungkanya. (Baca juga: Kasus e-KTP di Duren Sawit, Polisi Periksa Belasan Saksi)



Sebagai Ketua Badan Akuntabilitas Publik DPD RI, diirinya akan mengagendakan rapat bersama Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri RI, Zudan Arif Fakhrulloh untuk membahas persoalan ini. "Kita jadwalkan pekan ini sudah terealisai untuk bisa rapat khusus itu," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Sapto menyatakan, hingga September 2019 masih ada kekurangan cetak e-KTP sebanyak 292.258.

"Untuk perhitungan Oktober hingga Desember 2019 kami memperkirakan ada kebutuhan sebanyak 301.500 blangko e-KTP. Jadi hingga akhir tahun ada kebutuhan sebanyak 593.758 blangko e-KTP," ucapnya.

Adapun Dia menambahakan, di tahun 2020 kebutuhan blangko e-KTP di dioerkirakan mencapai 1.206.000 keping.

"Jadi kami hanya bisa menunggu alokasi blangko e-KTP dari Kemendagri RI. Begitu mendapatkan distribusi tentu kami akan menyegerakan pencetakan e-KTP. Jadi kami tidak pernah menghambat atau memperlambat pencetakan e-KTP," pungkasnya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak