alexametrics

Turap di Jalan DI Panjaitan Rusak, Warga Khawatir Ancam Keselamatan

loading...
Turap di Jalan DI Panjaitan Rusak, Warga Khawatir Ancam Keselamatan
Warga sekitar khawatir jika turap tebing tidak segera diperbaiki akan longsor dan membuat keselamatan warga khawatir, Selasa (19/11/2019). Foto/SINDOnews/Okto Rizki
A+ A-
JAKARTA - Keberadaan tebing tinggi di Jalan DI Panjaitan RW 01, kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur membuat warga sekitar khawatir. Pasalnya, tebing tinggi tersebut rawan longsor disaat musim penghujan datang.

Ketua RW 01 Budianto mengatakan, tebing yang berada di Jalan DI Panjaitan memiliki potensi besar membahayakan keselamatan pengguna jalan serta warga sekitar. (Baca: Musim Hujan, Pemukiman Warga Bantaran Kali Dikhawatirkan Longsor)"Ini bahaya apalagi jika hujan deras kerap turun, otomatis air turun ke bawah dan akan mengakibatkan tebing dipinggir jalan itu ambrol dan menutup jalan," kata Budianto di lokasi, Selasa (19/11/2019).
Pantauan di lokasi, tebing tinggi yang didominasi tanah merah tersebut memang berpotensi untuk ambrol. Karena tebing tersebut memiliki ketinggian yang curam dan tidak dilapisi pagar sehingga dapat membahayakan warga sekitar yang tengah melintas di jalan tersebut.

Sementara itu, menurut Budianto turap yang menjadi benteng terkahir untuk menjadi dinding penghalang sudah tidak bisa lagi menahan beban. Karena pohon-pohon yang ada disekitar tebing rawan tumbang akibat akar sudah tercabut dari tanah.



"Turap udah engga kuat lagi nahan, apalagi kalau dateng hujan deras. Kemarin baru amblas dan akhirnya jalan ditutupi lumpur dan membahayakan pengguna jalan karena licin," ungkap Budianto.

Sementara itu anggota LMK (Lembaga Masyarakat Kelurahan) RW 01 Indra menuturkan, warga sekitar di RW 01 khisusnya warga RT 05 sudah sangat khawatir terhadap ancaman musibah longsor saat datangnya hujan deras. Sebab tebing dengan ketinggian 3 meter tesebut dapat mengancam permukiman warga sekitar. "Warga khawatir takutnya datang ujan deras bisa langsung longsor," ujar Indra.

Dengan keberadaan tebing tinggi tersebut warga meminta Pemerintah Daerah setempat untuk segera memperbaiki turap yang sudah tidak bisa menahan beban saat datangnya hujan deras. "Harapnya cepat dibuat turap sepanjang tebing yang kuat. Buat juga saluran air untuk mengalirkan air ke bawah jalan," pungkasnya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak