alexametrics

YLKI Minta Grab Edukasi Keselamatan Bagi Pengguna Skuter Listrik

loading...
YLKI Minta Grab Edukasi Keselamatan Bagi Pengguna Skuter Listrik
Skuter listrik atau otoped. Foto/DOk/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak GrabWheel untuk menjamin pengguna skuter listrik paham rambu-rambu lali lintas terutama soal keselamatan. Karena, hingga kini belum ada jalur khusus untuk skuter listrik atau electric scooter (e-scooter) di jalan Ibu Kota Jakarta.

"Mengingat dari sisi infrastruktur belum memberikan dukungan yang memadai untuk jalur skuter," kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi saat dihubungi SINDOnews, Jumat (15/11/2019).

Selain itu, lanjut Tulus, hingga saat ini belum ada pihak yang mengedukasi tentang keselamatan menggunakan skuter listrik itu. Maka itu, banyak pengguna yang tak paham aturan pakai skuter listrik itu.



"Dan belum pula ada sosialisasi yang memadai kepada penggunanya, yang bisa jadi masih minim literasi terkait kepatuhan berlalu lintas," tambahnya.

Di negara lain, lanjut Tulus pengendara akan diberikan pemahaman terkait aspek keselamatan di jalan. Sehingga saat dirinya berkendara sudah mengetahui teknik dan rambu lalu lintas.

"Bandingkan dengan pengguna sepeda di Belanda, yang 40 persennya telah mendapatkan edukasi sejak dini, terkait aspek safety dalam berlalu lintas menggunakan sepeda," terang Tulus.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak