alexametrics

HUT ke 30, MNC Peduli Lakukan Penghijauan di Bantaran Sungai Ciliwung

loading...
HUT ke 30, MNC Peduli Lakukan Penghijauan di Bantaran Sungai Ciliwung
Ketua MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo saat melakukan penghijauan di bantaran sungai Ciliwung di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019). Foto/SINDOnews/Ari Sandita Murti
A+ A-
JAKARTA - Dalam rangka HUT MNC Group ke-30, sekaligus menyambut bulan menanam pohon Indonesia pada November ini, MNC Peduli melakukan gerakan tanam pohon di bantaran sungai Ciliwung di Kampung Sawah, Jalan Arus, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Penghijauan di bantaran kali ini juga dilakukan bersama Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung (MAT PECI).

"Jadi ini dalam rangka HUT MNC Group ke 30 yah, kita membagikan bibit pohon sebanyak 2.225 pada masyarakat, khususnya di desa sekitar sungai Ciliwung agar dapat ditanam," ujar Ketua MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo di lokasi, Kamis (14/11/2019).

Menurutnya, pemberian bibit pohon itu sebagai bagian dari kampanye MNC Peduli untuk meningkatkan kesadaran penghijauan di Jakarta dan sekitarnya. Selain membagikan bibit pohon, MNC Peduli juga menebar bibit ikan di sungai Ciliwung untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas dari ekosistem sungai Ciliwung.



Lalu, kata dia, MNC Peduli juga membagikan alat tulis pada anak-anak yang tinggal di desa Kampung Sawah tersebut. Pasalnya, MNC Peduli selalu rindu untuk berperan dan berkontribusi dalam membangun masyarakat dari berbagai seginya.

"Kegiatan ini sekaligus untuk membuat penyerapan dan mengurangi polusi Ibu Kota yang lebih baik. Diharapkan, bisa bermanfaat bagi masyarakat dan kita bisa terus bekerja sama serta bergotong royong melestarikan lingkungan, khususnya sungai Ciliwung," tuturnya.

Adapun gerakan tanam pohon juga sudah dilaksanakan sebelumnya pada acara MNC Fest dengan membagikan 8.000 bibit pohon pada peserta funwalk tanggap 3 November 2019 lalu. MNC Peduli pun berkomitmen terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penghijauan dan peningkatan kualitas ekosistem lingkungan, khususnya Jakarta.

Pada kegiatan tersebut, anak-anak yang ada di desa sekitar sungai Ciliwung pun dilibatkan demi meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan selalu aktif dalam menjaga kelestarian alam sejak dini. MNC Peduli pun selalu mendukung kegiatan-kegiatan dari program Sekolah Alam setempat yang memanfaatkan barang-barang bekas maupun sampah menjadi produk kerajinan.

"Jadi, mengurangi polusi di Jakarta dan melestarikan lingkungan bukan hanya tugas orang perorang atau pemerintah saja, tapi tugas kita bersama," imbuh Jessica.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Peduli Ciliwung (MAT PECI), Usman Firdaus berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan MNC Peduli itu yang telah peduli pada pelestarian lingkungan. Adapun kerjasama MNC Peduli dengan MAT PECI pun sudah yang kesekian kalinya dilakukan.

"Kita sudah bekerja sama dengan MNC Peduli sejak dua tahun yah, hari ini lanjut kembali kebersamaan untuk peduli ciliwung, jadi sudah rutin. Sebelumnya, kegiatan kegiatan seperti bersih-bersih lingkungan dan tanam pohon pun sudah dilakukan, tapi itu di Zona 3, sekarang di Zona 1," paparnya.

Dia mengungkapkan, adanya kerjasama itu diharapkan bisa menginspirasi komunitas lainnya juga yang ada di daerah dalam melestarikan dan peduli lingkungan. Pasalnya, MAT PECI pun nemiliki komunitas sungai pula di senumlah daerah lainnya yang bukan di Jakarta.

Perwakilan warga Kampung Sawah, Roif Saih menambahkan, diharapkan MNC Peduli bisa terus berkolaborasi dengan masyarakat Ciliwung dalam melestarikan lingkungan. Warga pun berkomitmen bakal merawat bibit pohon yang diberikan pada masyarakat sekitar Ciliwung.

"Diharapkan adanya pohon-pohon ini (dari MNC Peduli) sungai Ciliwung bisa terus lestari dan semoga semuanya bisa bermanfaat bagi masyarakat," katanya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak