alexametrics

Hadapi Musim Penghujan, Dinas Bina Marga Bentuk Tim Siaga Genangan

loading...
Hadapi Musim Penghujan, Dinas Bina Marga Bentuk Tim Siaga Genangan
Banjir di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Dinas Bina Marga DKI Jakarta membentuk tim siaga penanganan genangan dalam rangka menghadapi musim penghujan yang diprediksi berlangsung mulai bulan November pekan ini. Antisipasi yang dilakukan tim siaga ini adalah memberitahukan kepada jajaran
untuk segera meninjau titik lokasi yang berpotensi mengalami genangan saat diguyur hujan.

"Kalau genangan kita tadi udah buat apel kesiapan musim hujan, itu saya kumpulin di wilayah Jakarta Pusat, itu satgas maupun kastpelnya," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho saat dihubungi, Rabu (13/11/2019).

Menurut Hari, langkah selanjutnya untuk mengantjsipasi genangan di jalan-jalan protokol di Jakarta yakni dengan membersihkan saluran air. Sehingga aliran air lancar dan tidak terhambat sampah.



"Jadi untuk langkah antisipasi genangan atau pun musim hujan, kita harus membersihkan tali tali air atau mulut mulut air yang ada dibahu jalan dan trotoar. Kedua itu kita buat jalan jalan berlobang itu kita tutup, karena bisa mencederai dan juga kalau ke tutup, air bisa tersumbat," ujarnya.

Selanjutnya Hari menuturkan, hal yang paling penting adalah meratakan saluran air dengan permukaan jalan agar tidak membahayakan pengendara saat melintas di jalan-jalan protokol.

"Penutup grill (saluran air) atau kantong itu diratakan dengan permukaan jalan, biar enggak jeglog gitu," pungkasnya.

Namun, Hari belum bisa menyebutan lokasi mana saja yang rawan genangan. "Initinya seluruh wilayah kita suruh satgas untuk bergerak mengantisipasi genangan air," tandasnya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak