alexametrics

Jelang Musim Hujan, SDA Jakbar Tambah 10 Pompa Mobil

loading...
Jelang Musim Hujan, SDA Jakbar Tambah 10 Pompa Mobil
Petugas tengah gunakan pompa mobile untuk menyedot genangan. Foto/Dok/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Menjelang musim hujan, 10 pompa mobile baru disiapkan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat. Langkah ini diambil mengganti pompa yang sudah tua dan rusak.

"Iya memang kita masih punya pompa dari tahun 1980-an, itu ada Pondok Bandung, tapi kita sedang ajukan 10 pompa mobile baru di Jakarta Barat," kata Kasudin SDA Purwanti Suryandari di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

10 pompa mobile itu, kata Purwanti, dipastikan datang akhir November 2019. Saat ini, persiapan sudah banyak dilakukan. (Baca juga: Musim Hujan, Pemprov DKI Lakukan Persiapan Hadapi Banjir)



"Sebenarnya jangka waktu 15 Desember, tapi saya tekankan kalau akhir November ini pompa harus sudah ada," kata Purwanti.

Dipilihnya pompa mobile untuk menggantikan pompa tetap lantaran jenis pompa tersebut jauh lebih praktis dan efisien. Pompa mobile bisa lebih cepat mengatasi genangan-genangan ketimbang pompa tetap.

"Kita taruh di daerah rawan genangan, tapi kalau ada genang-genangan pompa bisa langsung ke lokasi banjir," jelas Purwanti.

Dia juga menambahkan, 10 pompa itu memiliki kapasitas 250 detik per liter. Dengan tambahan 10 pompa itu, maka ada 50 pompa mobile yang dimiliki dan disiapkan Jakarta Barat. Nantinya puluhan itu akan disebar di Jakarta Barat.

Beberapa titik pompa mobile yang sudah berfungsi menjadi stasioner telah tersebar dan ditempatkan di beberapa titik, yakni Kyai Tapa, Jalan Patra Duri Kepa, perbatasan Kamal Muara dan Meruya Utara. "Jadi kita stasionerkan karena lokasi itu rawan genangan," ujarnya.

Sedangkan untuk pompa tua, tercatat ada di beberapa titik, yakni Pompa Stasioner Slipi Hankam I tahun 1970, Pompa Stasioner Pondok Bandung tahun 1981, Pompa Stasioner Rawa Kepa tahun 1986, dan pompa Stasioner Slipi Hankam II tahun 1999.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak