Jelang Musim Hujan, 1.786 Pohon di Jaksel Ditebang

Minggu, 10 November 2019 - 15:16 WIB
Jelang Musim Hujan, 1.786 Pohon di Jaksel Ditebang
Jelang Musim Hujan, 1.786 Pohon di Jaksel Ditebang
A A A
JAKARTA - Sebanyak 1.786 pohon yang berada di wilayah Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, dilakukan penebangan. Hal itu dilakukan oleh Suku Dinas Kehutanan Jakarta Selatan selama periode Januari hingga Oktober 2019.

Kepala Seksi Jalur Hijau dan Pemakaman Sudin Kehutanan Jakarta Selatan Bambang Muhirdan menjelaskan, ribuan pohon tersebut ditoping dalam rangka pemeliharaan. Selain itu, lanjut dia, penopingan pohon juga menindaklanjuti laporan masyarakat.

"Rata-rata jenis pohon yang ditoping di antaranya pohon mahoni, angsana, dan beringin," katanya. (Baca Juga: Alasan Sudin Kehutanan DKI Tebang Pohon Angsana di Cikini Raya
Menurutnya, pemangkasan terbanyak dilakukan pada Agustus lalu, yakni 270 pohon. Penopingan ini memang program pemeliharaan. Selain itu juga ada permintaan dari masyarakat dan instansi pemerintah terkait.

Penopingan yang dilakukan tersebut bertujuan mengantisipasi pohon tumbang saat musim hujan yang diduga akan disertai angin kencang.

Penopingan ini juga mendapat pro dan kontra dari masyarakat. Salah satunya Bayu (49), warga Kompleks Perumahan Simprug, Grogol Selatan, mengaku sangat menyayangkan adanya pembalakan liar pohon di Jalan Simprug Golf 1, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, karena dibabat habis.

"Penebangan pohon di Jalan Simprug Golf 1, depan Rumah Dinas Kedutaan Besar Brazil ditebang habis, itu dilakukan pada Senin (30 September) malam. Padahal pohon-pohon itu selain sebagai pelindung juga paru-paru kota, kenapa dihabisi," tegasnya.

Menurutnya, pembalakan liar pohon palem itu dilakukan oleh petugas berpakaian hijau dengan menggunakan gergaji mesin memotong satu per satu pohon palem dibabat habis. Ini tentu membuat kawasan tersebut yang awalnya asri karena banyak pohon tapi saat ini jadi gersang.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7765 seconds (0.1#10.140)