alexametrics

Puncak Macet Parah, Ciloto-Simpang TSI Ditempuh 4 Jam

loading...
Puncak Macet Parah, Ciloto-Simpang TSI Ditempuh 4 Jam
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di jalur Puncak, Bogor, pada Kamis (7/11/2019).Foto/SINDOnews/Haryudi
A+ A-
BOGOR - Kemacetan di jalur Puncak memang sudah tak bisa dianggap sepele. Pasalnya, antrean panjang kendaraan terjadi tak hanya pada akhir pekan saja, hari biasa seperti Kamis (7/11/2019) petang, juga cukup parah.

Kemacetan terjadi khususnya bagi kendaraan yang melaju dari arah Puncak menuju Gadog. Berdasarkan pantauan ekor kemacetan terjadi dari mulai kawasan Ciloto. Kendaraan hanya melaju 0-5 kilometer/jam. Bahkan nyaris tak bergerak sama sekali.

Sehingga waktu tempuh, dari Ciloto hingga Simpang Taman Safari Indonesia (TSI) yang biasanya paling lama 30 menit, pada Kamis petang, waktu tempuh menjadi empat jam tepatnya dari pukul 14.00 hingga 18.00 WIB."Kemacetan kali ini, saya rasa paling parah. Padahal ini hari biasa, kalau weekend sih saya kira wajar. Maka saya bingung ada apa ini. Kalau begini jadi telat saya rapat pukul 21.00 WIB. Jam segini (pukul 18.38 WIB) masih di Pasar Cisarua, jam berapa sampai Jakarta, soalnya saya mau naik kereta," ungkap Aris Basuki (42), warga Tanah Sareal, Kota Bogor yang berkantor di Jakarta, saat ditemui di kawasan Pasar Cisarua, Kamis (7/11/2019).



Hal senada diungkapkan Sidik Permana (39), karyawan swasta yang baru pulang dari kegiatan di kawasan Taman Bunga Nusantara, Cianjur. Dia mengaku kesal karena harus membatalkan acara ulang tahun anaknya, karena terjebak selama berjam-jam di jalur Puncak.

"Saya hampir setiap hari melintas jalur Puncak, tapi hari ini merupakan kemacetan paling parah. Terlebih hampir tak terlihat petugas yang mengatur lalu lintas, baik di simpang TSI maupun Pasar Cisarua yang memang sumber kemacetannya," keluhnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP M Fadli Amri mengatakan, kepadatan arus lalu lintas seperti akhir pekan terjadi pada hari biasa atau weekday."Memang sudah biasa jalur Puncak seperti itu, hari biasa juga kalau terjadi lonjakan volume kendaraan baik dari kedua arah (Puncak ke Jakarta maupun sebaliknya) pasti akan terjadi antrean panjang," ujar M Fadli, Kamis (07/11).

Terkait tak adanya petugas dia mengakui sebagian besar anggotanya baru selesai bertugas di kantor. "Anggota baru beres kerja di kantor dan masih perjalanan ke simpang Taman Safari. Kemacetan jalur Puncak sulit memang karena banyak persimpangan, ditambah di Pasar Cisarua banyak pedagang, itu tugas Satpol PP," ucapnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak