Bupati Ingin Rumpin Jadi Ibu Kota DOB Kabupaten Bogor Barat

Kamis, 27 Agustus 2020 - 12:24 WIB
loading...
Bupati Ingin Rumpin Jadi Ibu Kota DOB Kabupaten Bogor Barat
Bupati Bogor Ade Yasin. Foto: Dok SINDOnews
A A A
BOGOR - Bupati Bogor Ade Yasin menghendaki Kecamatan Rumpin dijadikan sebagai ibu kota Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Bogor Barat.

Hal tersebut dikatakan Ade saat menerima kunjungan Komisi I DPRD Jawa Barat ke Kabupaten Bogor yang membahas tentang persiapan calon DOB Kabupaten Bogor Barat di Ruang Serbaguna 1, Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor.

Dia menilai Kecamatan Rumpin lebih layak menjadi ibu kota Bogor Barat ketimbang Kecamatan Cigudeg. "Saya sudah melihat beberapa kali kejadian bencana alam tempo hari dan hasil kajian geologis Cigudeg merupakan wilayah rawan pergeseran tanah," ujar Ade, Kamis (27/8/2020).

Adapun Rumpin merupakan wilayah yang sangat strategis, faktor alam, dan faktor-faktor pendukung lainnya menjadi alasan kuat ketertarikan Ade akan Kecamatan Rumpin. (Baca juga: Wali Kota Resmikan Pelayanan Jantung Terpadu di RS Hermina Depok)

"Secara faktor kondisi geografis, Kecamatan Rumpin memiliki letak yang sangat strategis, yang menjadikan Rumpin sangat potensial untuk menjadi kawasan unggul di Bogor Barat," katanya.

Dari sektor kondisi alam, Rumpin memiliki dua setu alami dengan total luas 2,7 hektare dan sejumlah mata air alam yang berfungsi sebagi tempat resapan air. "Sehingga dapat dimanfaatkan untuk menghidupkan sektor pertanian," ucapnya.

Daerah ini juga memiliki potensi sumber daya alam batu andesit terbaik dan terbesar di Indonesia. "Perusahaan eksplorasi Holcim dan Waskita adalah bagian dari puluhan perusahaan tambang mineral yang melakukan eksplorasi di wilayah Rumpin," kata Ade. (Baca juga: Masuk Zona Orange COVID-19, Bogor Diminta Laksanakan 4 Rekomendasi Ini)

Tak hanya itu, di Kecamatan Rumpin juga terdapat Markas Komando Detasemen Bravo Pasukan Khas (Satkes Den Bravo Paskhas) TNI, Pusat Teknologi Penerbangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Pusdiklat Bela Negara Kementerian Pertahanan dan Balai Diklat Kehutanan.

Menurut Ade, Rumpin secara terminologi bebas dapat dimaknai sebagai rumah pimpinan atau sarumpun sapimpinan, yang memiliki arti satu kepemimpinan.

"Atas dasar-dasar itulah kami Pemkab Bogor berpandangan, Kecamatan Rumpin merupakan wilayah yang tepat untuk dijadikan calon ibu kota Kabupaten Bogor Barat," ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)