alexametrics

Parkir Dikelola Ormas, Pengamat Ingatkan Banyak Preman Berkedok Ormas

loading...
Parkir Dikelola Ormas, Pengamat Ingatkan Banyak Preman Berkedok Ormas
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Rencana Pemkot Bekasi akan memberikan pengelolaan lahan parkir kepada ormas menuai polemik. Karena belakangan ini banyak kelompok preman yang bersembunyi di seragam ormas.

Pengamat Intelijen dan Keamanan Negara, Stanislaus Riyatna menilai perlu adanya pembinaan khusus kepada seluruh organisasi masyarakat di Indonesia agar keberadaannya benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

Karena belakangan ini, lanjut Stanislaus, aksi premanisme berkedok ormas bisa saja terjadi. Namun belum ada penanganan secara masif terkait pembinaan, agar ormas tidak lagi melakukan perbuatan yang dapat merugikan masyarakat sekitar.



"Masalah premanisme ini kan sudah sangat lama, kedok ormas ini juga sudah sangat lama. Ini harus menjadi catatan pemerintah, bagaimana melakukan pembinaan terhadap ormas agar tidak melakukan tindakan pemaksaan atau premanisme," kata Stanislaus saat dihubungi SINDOnews, Senin (4/11/2019). (Baca: Ormas Minta Jatah Parkir di Minimarket, Polisi Janji Akan Tindak tegas)

Stanislaus tidak hanya menyoroti apa yang saat ini tengah terjadi di wilayah Kota Bekasi, dimana ormas meminta jatah lahan parkir disetiap gerai mini market yang ada di wilayah tersebut. Terkadang ada juga ormas tertentu yang meminta jatah Tunjangan Hari Raya saat lebaran tiba.

"Nah itu yang harus diperjelas apakah itu diperbolehkan? Jadi peran negara dalam memberantas premanisme ini sangat penting untuk mencegah itu," ucap Stanislaus.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak