Pemulung Terekam CCTV Curi Blok Mesin di Kantor KPU Bogor

Rabu, 30 Oktober 2019 - 12:52 WIB
Pemulung Terekam CCTV Curi Blok Mesin di Kantor KPU Bogor
Pemulung Terekam CCTV Curi Blok Mesin di Kantor KPU Bogor
A A A
BOGOR - Seorang pemulung terekam kamera tersembunyi atau kamera Closed Circuit Television (CCTV) saat sedang menggasak sejumlah barang berharga di antaranya blok mesin mobil yang terletak di belakang Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, Rabu (30/10/2019) dini hari.

Informasi dihimpun menyebutkan, peristiwa pencurian di gedung panitia pemilihan pesta demokrasi wilayah Kabupaten Bogor ini terjadi sekitar 02.38 WIB, saat situasi dan kondisi cukup hening.

"Iya saat kita periksa CCTV, terlihat ada seorang pria membawa karung masuk ke halaman kantor KPU dan langsung masuk ke belakang gedung," kata Staff KPU Kabupaten Bogor Septian, Rabu (30/10/2019).

Dia memastikan, bahwa pelaku pencurian yang terekam CCTV itu adalah pemulung. Ia menduga pelaku sudah memahami sistuasi dan kondisi kantor KPU, sehingga dalam CCTV tersebut terlihat pelaku sangat tenang menggasak blok mesin.

"Saya juga bingung, seolah pelaku seperti sudah paham situasi dan tahu lokasi barang yang mau diambil yaitu blok mesin mobil yang disimpan di belakang kantor KPU, itu kelihatan dari CCTV," tuturnya.

Dia mengaku tak heran jika pemulung tersebut berani menyusup masuk kantor KPU tanpa terlihat petugas keamanan. Sebab, sejak awal dibangun, gedung KPU Kabupaten Bogor ini tak dilengkapi pos satpam di depan gerbang. Kalaupun ada Satpam, itu berjaga di dalam gedung yang tugasnya hanya memantau tamu saja.

"Memang kantor KPU tidak ada pos satpam, jadi sulit memantau siapa pun yang masuk dan keluar halaman gedung KPU," katanya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Kabupaten Bogor Herry Setiawan mengaku tak menyangka ada seorang pria yang menyamar menjadi pemulung dengan mudah masuk ke area kantornya.

"Atas kejadian tersebut kita akan mengusulkannya melalui rapat pleno untuk diteruskan ke Pemkab Bogor agar dibangun pos Satpam. Sebab gedung KPU ini statusnya hak miliknya adalah aset Pemkab Bogor," kata Herry.

Dia menjelaskan, akibat minimnya fasilitas keamanan baik pos satpam maupun personel, kantor KPU kerap kehilangan sejumlah barang, bahkan pada 2017 lalu sempat ada kejadian pencurian kendaraan bermotor.

"Iya sebelumnya pada 2017 sempat ada kejadian pencurian kendaraan bermotor yang terparkir di depan gedung KPU Kota Bogor. Saya kira ini harus jadi perhatiannya serius," tambah Herry.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7506 seconds (0.1#10.140)