alexametrics

Tiang Listrik Nyaris Roboh, Rawa Belong Macet Parah

loading...
Tiang Listrik Nyaris Roboh, Rawa Belong Macet Parah
Tiang listrik di Jalan Raya Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), nyaris roboh, Senin (21/10/2019). Foto/Yan Yusuf/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Buruknya pengawasan utilitas membuat tiang listrik di Jalan Raya Kebon Jeruk, Jakarta Barat, nyaris roboh, Senin (21/10/2019). Kondisi ini membuat kemacetan di kawasan itu tak terhindarkan setelah arus lalu lintas terhambat.

Hingga berita ini ditulis, penanganan maksimal belum dilakukan, kabel listrik dibiarkan menjuntai ke bawah dan membahayakan sejumlah pengendara.

Penuturan warga, kejadian yang terjadi di depan warung Upnormal itu sekitar pukul 15.06 WIB. Saat itu angin berhembus kencang. Kala itu, tiang tiba-tiba roboh, beruntung sisa kabel roboh menahan tiang dan tak meniba jalanan.



Akibatnya warga yang ingin melintas dari dan ke Kebon Jeruk harus mengantre. Kemacetan mengular di pertigaan Batusari, tepatnya pengendara dari arah Rawa Belong atau kampus Bina Nusantara menuju Jalan Kebon Jeruk harus bergiliran jalan.

Hal ini disebabkan arus menuju Jalan Raya Kebon Jeruk harus dilakukan sistem satu arah atau buka tutup. Kendaraan bus dan truk besar juga tidak bisa lewat sebab jarak kabel dengan aspal begitu dekat. Warga yang melintas pun diminta hati-hati saat melintas.

"Pelan-pelan jalannya hati-hati ada kabel. Pelan-pelan lihat jalan," ucap salah seorang petugas parkir, Usman (35), di lokasi.

SINDO mengukur jarak antara aspal dan kabel yang menyengser mencapai 3 hingga 4 meter. Namun untuk mobil minibus, angkutan perkotaan, dan motor masih bisa melintas.

Salah seorang petugas PPSU Kebon Jeruk Jakarta Barat Rohendi mengatakan, awal mula kejadian karena tiang ketiup angin.

"Awal mulanya sih sekitar jam 2 siang tadi. Tiang listrik enggak jatuh langsung, dia pelan-pelan hampir saja tadi mobil kena. Tapi untungnya enggak ada korban jiwa," ucap Rohendi.

Selain jalanan yang macet, listrik di sekitar kawasan sekitar Upnormal juga terputus. "Kalau listrik yang sebelah sana mati kalau di sini kayaknya enggak," tambah Rohendi.

Hingga berita ini diturunkan, Pemkot Jakarta Barat belum melakukan penanganan untuk memindahkan badan tiang listrik sehingga tidak menggantung ke jalan.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak