alexametrics

Gojek Hemat Penggunaan Sampah Plastik Bekas Kuliner hingga 2,6 Ton

loading...
Gojek Hemat Penggunaan Sampah Plastik Bekas Kuliner hingga 2,6 Ton
Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang lebih dikenal GO-JEK Indonesia mengklaim, program #GoGreener yang digagasnya sejak 2018 telah menyelematkan bumi dari sampah plastik bekas kuliner hingga 2,6 ton. Penggunaan plastik berkurang karena merchant atau pedagang kuliner menyediakan fitur alat makan berbayar.

VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek, Rosel Lavina mengatakan, ada sekitar 1.000 dari 300.000 merchant di Indonesia yang telah menerapkan program alat makan berbayar. Jenis alat makan itu terbuat dari plastik dan dikenakan biaya tambahan, sehingga konsumen cenderung berpikir dua kali untuk membelinya. Harga alat berbayar itu bervariasi dari Rp3.000 ke atas.

Tidak hanya di kalangan merchant, Gojek sendiri juga telah membekali para mitra pengemudi dengan tas pengantaran khusus. Tas ini memiliki keistimewaan karena dirancang khusus dengan kompartemen yang lebih luas dan kualitas tinggi untuk menyimpan dan mengantar makanan, baik panas maupun dingin. Kemudian tas ini juga tahan cipratan air dan dapat dilipat, sehingga tetap fleksibel bagi mitra pengemudi ketika mengantarkan penumpang maupun pesanan.



"Tas ini bisa dimanfaatkan mitra pengemudi, sehingga mereka tidak perlu lagi mengantarkan makanan memakai kantong plastik," kata Lavina dalam acara GoFood Festival di kawasan Setia Budi, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019).

Hingga kini, Gojek terus mengkampanyekan program #GoGreener kepada para konsumen maupun merchant. Salah satunya melalui kegiatan GoFood Festival yang diadakan di Mal Setiabudi One, Kecamatan Setia Budi, Jakarta Selatan.

Acara yang dikemas melalui Indonesian Eco Film Festival (IDEFF) ini menayangkan film bertema lingkungan selama empat hari pada tanggal 14, 15, 17 dan 18 Oktobober di mal tersebut. Kerjasama dengan IDEFF ini menandai komitmen Gojek #GoGreener yang memudahkan konsumen, mitra merchant, dan mitra driver dalam menjalani gaya hidup, bisnis dan operasional yang lebih ramah lingkungan.

"Kami sangat antusias memfasilitasi penyelenggaraan beberapa kegiatan IDEFF di GoFood Festival. Komitmen IDEFF dalam mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan juga sejalan dengan semangat Gojek selama ini melalui inisiatif #GoGreener, di mana GoFood menjadi layanan pertama yang mendorong gaya hidup ramah lingkungan bagi seluruh ekosistemnya, termasuk di GoFood Festival," ungkapnya.

Dengan fasilitas yang lengkap dan akses yang mudah dari pusat kegiatan masyarakat, GoFood Festival sudah memfasilitasi hampir 500 kegiatan komunitas hingga September 2019.

"Melalui gelaran IDEFF kali ini, kami juga berharap GoFood Festival dapat membantu untuk menginspirasi lebih banyak orang untuk menjalankan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan dan sekaligus mengurangi sampah plastik sekali pakai," katanya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak