alexametrics

Kerap Sumber Kebakaran, Ratusan Pemilik Indekos dan Kontrakan Diedukasi

loading...
Kerap Sumber Kebakaran, Ratusan Pemilik Indekos dan Kontrakan Diedukasi
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Kebakaran masih menjadi salah satu momok bagi warga Jakarta. Kebakaran hebat hingga kini masih kerap melanda permukiman yang umumnya bersumber dari rumah kontrakan atau kos-kosan.

Untuk itu, sebanyak 523 pemilik indekos dan kontrakan di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, diedukasi tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran oleh Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Muchtar Zakaria mengatakan, kegiatan ini sebagai tindaklanjut dari rakorwil tingkat Kecamatan Cakung. Harapannya, para peserta dapat mengerti materi dengan baik dan kasus kebakaran di wilayah itu bisa diminimalisir.



Dalam kegiatan tersebut para peserta diberikan materi tentang pencegahan kebakaran, cara penggunaan instalasi listrik. Tidak hanya itu, para peserta juga diberikan pengetahuan tentang penempatan kompor gas, serta cara memadamkan api secara teori dan praktik.
"Yang jelas pelatihan semacam ini telah kami lakukan di tujuh kantor kelurahan yang ada di Kecamatan Cakung secara bergilir," tandasnya.

Dia menyebutkan, peristiwa kebakaran di wilayah Jakarta umumnya terjadi karena hubungan arus pendek pada listrik, khususnya di daerah pemukiman padat penduduk. Oleh karena itu, edukasi terhadap pemilik kontrakan dan indekos ini dianggap sangat penting.

Apalagi banyak kasus kebakaran justru yang bermula dari kontrakan atau kos-kosan. Bahkan, Kelurahan Penggilingan yang masuk dalam kecamatan cakung, termasuk wlayah yang masuk dalam lokasi rawan kebakaran.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak