Kawasan Ciracas Jakarta Timur Kerap Dijadikan Tempat Penampungan TKW Ilegal

Rabu, 26 Agustus 2020 - 16:01 WIB
loading...
Kawasan Ciracas Jakarta Timur Kerap Dijadikan Tempat Penampungan TKW Ilegal
Rumah kontrakan di Jalan Bungur RT 10/RW 06, Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas kerap dijadikan sebagai tempat penampungan Tenaga Kerja Wanita (TKW) ilegal. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rumah kontrakan di Jalan Bungur RT 10/RW 06, Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas kerap dijadikan sebagai tempat penampungan Tenaga Kerja Wanita (TKW) ilegal . Kasus itu terungkap setelah aparat kepolisian Ciracas menggerebek rumah tersebut pada Selasa 25 Agustus 2020 malam.

Camat Ciracas Mamad mengatakan, kasus serupa juga pernah terjadi di wilayahnya, namun dia tidak mengetahui pasti soal siapa penyalur dari jasa tersebut. "Saya enggak tahu pastinya kapan, tapi beberapa tahun lalu pernah juga. Kasusnya sama jadi tempat penampungan TKI ilegal," katanya, Rabu (26/8/2020). (Baca juga; Berkat Driver Ojol, Penampungan Tenaga Kerja Ilegal Digerebek Polisi )

Sementara itu, Lurah Rambutan Ikhwan M. Ali menjelaskan, seluruh TKW yang berada di rumah kontrakan itu semuanya sudah dipulangkan ke kampung halamannya. "Yang bersangkutan (TKI) sudah diamankan di Polsek Ciracas. Tenaga kerja ilegalnya sudah dipulangkan ke kampung asalnya, di Cianjur. Ada 20 orang," jelasnya.

Saat ini, rumah kontrakan tersebut ditempati oleh seorang perempuan berinisial AMS sebagai penyewa sekaligus pernah berprofesi sebagai penyalur TKW ilegal. Namun pada 2020, kepada petugas AMS mengaku tidak pernah lagi mengirimkan orang untuk bekerja sebagai TKW lantaran terbentur kondisi pandemi COVID-19. (Baca juga; Polisi Gagalkan Perdagangan Manusia ke Luar Negeri )

"Untuk kasusnya sekarang ditangani Polsek Ciracas. Kalau kita (Kecamatan Ciracas) meminta yang bersangkutan membuat surat pernyataan di atas materai tidak mengulangi perbuatannya lagi," ujarnya. Sebelumnya, pada 2018 Kementerian Tenaga Kerja RI pernah menggerebek 11 tempat penampungan TKI ilegal di Kecamatan Ciracas.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2048 seconds (0.1#10.140)