Bangun Karakter, Ribuan Siswa Ikuti Kegiatan Mindfulness

Rabu, 09 Oktober 2019 - 17:34 WIB
Bangun Karakter, Ribuan Siswa Ikuti Kegiatan Mindfulness
Bangun Karakter, Ribuan Siswa Ikuti Kegiatan Mindfulness
A A A
JAKARTA - Sebanyak 1.000 siswa Global Sevilla School menjalani kegiatan mindfulness atau hidup berkesadaran ialah program yang dilakukan sekolah bertepatan dengan HUT ke-17 Sekolah Global Sevilla.

Superintendent Global Sevilla School, Michael Thia mengatakan, mindfulness adalah metode hidup berkesadaran yang berguna untuk membangun karakter siswa. Menurut dia, walaupun pada awalnya tidak mudah memperkenalkan mindfulness di Global Sevilla School, namun setelah tiga tahun penerapan mulai nampak hasilnya.

"Misalnya prestasi siswa yang meningkat dan juga karakter siswa yang soleh dan bisa saling menghargai ciptaan Tuhan,’’ kata Michael pada Day of Mindfulness di sekolah Global Sevilla Puri Indah, Jakarta Barat, pada Rabu (9/10/2019).

Mindfulness ini dilakukan oleh semua siswa mulai dari sekolah dasar hingga SMA. Global Sevilla juga mengundang para orang tua melalui seminar mindfulness sehingga bisa turut serta dalam perkembangan anak. Semua siswa tampak antusias mengikuti mindfulness.

Misalnya saja para siswa SD yang berkumpul di taman. Mereka diajak memejamkan mata selama dua menit dan dipimpin satu guru, mereka diajak merasakan dan mendengar sekelilingnya. Michael menuturkan, mindfulness yang dilakukan ada berbagai macam seperti mindful listening, mindful yoga, mindful walking, mindful coloring, mindful eating dan masih banyak lagi.

Keseluruhannya dilakukan secara mindful atau berkesadaran. Mindfulness juga dilakukan pada saat makan dan juga mindful reading agar mereka bisa fokus dan meresapi bacaan sehingga siswa pun bisa konsentrasi dalam pembelajaran.
Michael menjelaskan, sekolah menjalankan mindfulness karena tidak ingin siswanya semakin menjadi personal yang hanya mementingkan diri sendiri dan acuh pada lingkungan sekitar.

Hal ini sebagai dampak dari perkembangan dunia dan juga teknologi yang semakin cepat dan mendominasi kehidupan manusia modern."Day of Mindfulness kali ini merupakan yang kedua. Acara ini menjadi kegiatan tahunan dan terbuka untuk umum di sekolah kami agar masyarakat pada umumnya mengetahui manfaat mindfulness. Kami bangga, sekolah kami menjadi sekolah pertama di Indonesia yang menerapkan mindfulness sebagai dasar pembentukan karakter siswa. Sebuah kearifan lokal yang telah berkembang pesat di barat," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4776 seconds (0.1#10.140)