alexametrics

Rusak Berat, Pemkot Bekasi Bakal Musnahkan 15 Truk Sampah Uzur

loading...
Rusak Berat, Pemkot Bekasi Bakal Musnahkan 15 Truk Sampah Uzur
Pemkot Bekasi bakal memusnahkan belasan truk sampah karena kondisinya sudah rusak berat dan tidak bisa digunakan untuk mengangkut sampah dari permukiman warga. Foto/SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A+ A-
JAKARTA - Pemkot Bekasi bakal memusnahkan belasan truk sampah dalam waktu dekat ini karena kondisinya sudah rusak berat dan tidak bisa digunakan untuk mengangkut sampah dari permukiman warga ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu, Bantargebang.

"Ada 15 truk sampah rusak berat dan sudah tidak bisa dipergunakan lagi untuk mengangkut sampah, keberadaanya bakal kita hapus," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Yayan Yuliana, Selasa (8/10/2019). Apalagi, kata dia, truk sampah tersebut sudah tidak beroperasi, walaupun sudah diperbaiki tetap kembali rusak.

Menurut dia, Kota Bekasi memiliki 300 armada truk sampah yang dioperasikan di 12 Kecamatan. Namun, sebagian truk sampah tersebut banyak menuai masalah, karena kondisinya sudah relatif tua dengan kondisi mesin kerap rusak.



Meski demikian, lanjut dia, sebagian truk sampah juga dalam kondisi baru atau pembelian tahun sebelumnya dan dari hibah truk DKI Jakarta. Saat ini, truk sampah yang bisa diperbaiki karena mengalami kerusakan kecil.

Yayan mengaku, penghapusan truk ini dirasa bakal menyulitkan pengangkutan sampah di Kota Bekasi. Untuk itu, lembaganya sangat membutuhkan penambahan truk sampah baru maupun peremajaan truk pengangkut sampah tersebut. Apalagi, Kota Bekasi saat ini memang kekurangan truk sampah.

Di sisi lain, Kota Bekasi tak kunjung memperoleh dana pengadaan truk-truk baru dari Pemkot Bekasi, termasuk pada 2019 ini. "Peremajaan dan penambahan armada begitu penting. Kami sudah meminta kepada DKI Jakarta hibah truk, tahun 2019 ini kami minta 10 ke DKI, baru dikasih 8, masih kurang 2 lagi," tegasnya.

Dalam mengangkut sampah, dia menilai amat memerlukan penambahan serta peremajaan truk pengangkut sampah. Apalagi, volume angkutan sampah di Kota Bekasi terbilang tinggi, yakni mencapai sekitar 1.700 ton per hari. Ditambah, TPA Sumur Batu kemungkinan besar tidak akan mampu lagi menampung sampah, walaupun diperluas 3-5 hektare setiap tahunya.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak