alexametrics

Disparbud Promosikan Sanggar Betawi sebagai Objek Wisata Jakarta

loading...
Disparbud Promosikan Sanggar Betawi sebagai Objek Wisata Jakarta
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menyediakan media promosi bagi sanggar-sanggar yang ada di Jakarta. Langkah ini bertujuan untuk memajukan kesenian asli Betawi dengan menyediakan laman web yang dapat diakses melalui disparbud.jakarta.go.id/sanggarseni.

Kepala Bidang Seni Budaya Disparbud DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya, mengatakan, penyedian laman web bagi sanggar seni yang ada di Jakarta merupakan bentuk dukungan Disparbud dalam menarik wisatawan agar menunjungi pusat kesenian asli Betawi yang masih dilestarikan dan dijaga di setiap sanggar.

"Penanggung jawab sanggar cukup mendaftarkan diri. Kemudian memasukan profil sanggar mereka secara lengkap di laman khusus tersebut seperti, nama dan alamat sanggar, keanggotaan, pengalaman, dan dokumentasi kegiatan," kata Gumilar kepada wartawan, Jumat (4/10/2019).

Gumilar menuturkan, kegitan yang ada di sangar serta hal unik lainnya, akan menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan dalam memilih sanggar untuk dikunjungi.



"Jadi jika sewaktu-waktu ada hal baru pemilik atau pengelola sanggar bisa melakukan update, baik itu terkait kegiatan kreasi maupun karya terbaru," bebernya.

Melalui program ini, lanjut dia, Disparbud DKI dapat mengklasifikasikan jenis kesenian, penyebaran sanggar berdasaran wilayah, serta sarana dan prasarana yang dimiliki sanggar.

"Melalui adanya pemetaan yang jelas, Disparbud akan mudah dalam melakukan pembinaan dan pemberdayaan sanggar-sanggar yang ada di Jakarta. Jadi akan lebih mudah mengetahui jumlah sanggar di DKI, berapa persen sanggar Betawi, Sunda, atau Jawa Tengah," pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak