alexametrics

Dosen IPB Ditangkap, Polisi Sebut Pelaku Simpan 28 Bom Molotov

loading...
Dosen IPB Ditangkap, Polisi Sebut Pelaku Simpan 28 Bom Molotov
Polisi amankan bom molotov. Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Polisi mengamankan oknum dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) berinisial HAB karena hendak melakukan kerusuhan saat aksi Mujahid 212 kemarin. Adapun peran HAB menyimpan 28 bom molotov yang bakal dipakai untuk bakar-bakar.

"Perannya dia itu yang menyimpan 28 (bom) molotov untuk mendompleng demo Mujahid 212 dengan melakukan pembakaran dan provokasi," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Senin (30/9/2019).

Menurutnya, HAB sudah berencana melakukan kerusuhan saat demo Mujahid itu digelar di Jakarta. Namun, polisi berhasil lebih dahulu mengamankannya sebelum kerusuhan dilakukan. (Baca juga: Rumah Dosen IPB University yang Ditangkap Densus 88 Sepi)



Dia menambahkan, HAB melakukan pemufakatan jahat untuk berbuat kekacauan saat demo itu berlangsung. Dia bukanlah orang yang menginisiasi agar demo tersebut dilakukan. "Saat ini masih didalami lebih lanjut," katanya.

Seperti diketahui, polisi mengamankan enam orang, yakni HAB (44), S (30), YF (50), A (43), SS (61), dan OS (42) karena diduga hendak menyusupi aksi Mujahid 212 di Jakarta.

Sebelumnya, Densus 88 Mabes Polri mengamankan Abdul Basith di Jalan Maulana Hasanudin, Cipondoh, Tangerang Kota, polisi juga turut menemukan 29 bom molotov.

Selain Basith, polisi mengamankan lima terduga pelaku lain berinisial SG, YF, AU, OS dan SS. Basith ditangkap lantaran dituduh melanggar Pasal 1 ayat (1) UU Darurat No 12/1951 atas tindak pidana membuat, menguasai, membawa, menyimpan, mengangkut, menyerahkan dan atau berusaha menyerahkan bahan peledak.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak