alexametrics

Pemprov DKI Harus Miliki Rencana Induk Kota Ramah Sepeda

loading...
Pemprov DKI Harus Miliki Rencana Induk Kota Ramah Sepeda
Pemprov DKI diharapkan memiliki rencana induk kota ramah sepeda.Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta disarankan untuk segera memiliki rencana induk pengembangan kota ramah sepeda. Ini dilakukan agar infrastruktur untuk jalur sepeda di Jakarta benar-benar optimal.

Pengamat perkotaan dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga mengatakan, ada beberapa kendala optimalisasi jalur sepeda di Jakarta. Di antaranya, DKI belum memiliki rencana induk pengembangan kota ramah sepeda. Di mana rencana itu meliputi pembangunan jalur sepeda (bike path) seperti di trotoar Sudirman, Bintaro Jaya, Kanal Banjir Timur.

Kemudian lajur sepeda (bike lane) seperti di Jalan Melawai, Blok M, Jakarta Selatan dan rute sepeda (bike route) seperti di Perumahan Pondok Indah dengan melibatkan langsung komunitas pengguna sepeda seperti B2W.



Untuk itu, Nirwono menyarankan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI memiliki rencana induk pengembangan kota ramah sepeda. "Jika tidak melibatkan para pengguna sepeda bisa dipastikan infrastruktur yang sudah dan akan disediakan tidak akan banyak digunakan, dilalui oleh para peseda harian," kata Nirwono pada Jumat (20/9/2019).

Infrastruktur sepeda lainnya yang perlu disiapkan, lanjut Nirwono yaitu seperti parkir sepeda di mana-mana, termasuk di halaman parkir gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, stasiun, terminal, ruang ganti di gedung, titik bengkel sepeda, rambu dan marka yang jelas.(Baca: Ngantor Naik Sepeda, Anies Tes Jalur Khusus dari Rawamangun-Balai Kota)

Titik-titik pos polisi untuk keamanan pesepeda terutama di malam hari, serta titik-titik pusat kesehatan seperti Puskesmas dan Rumah sakit. "Jadi membangun kota ramah sepeda itu tidak hanya menyediakan jalur sepeda terus silahkan masyarakat menggunakannya. Hal itu tidak akan berhasil. Tetapi yang harus dilakukan seperti tersebut di atas," ucapnya
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak